7 Aplikasi Screenshot Android Top

Aplikasi screenshot Android yang ada di Google Play Store, umumnya, tidak hanya sekedar bisa mengambil gambar di layar perangkat. Biasanya, aplikasi tersebut dibekali fitur lebih bervariasi dibandingkan bawaan screenshot dari Android. Berikut beberapa aplikasi screenshot di Google Play Store.

Screenshot Touch

Aplikasi sebesar 5.2 MB yang dikembangkan Daejong Kim ini, jumlah pengunduhnya di Google Play Store yaitu lebih dari 10 juta. Aplikasi yang satu ini bisa dioperasikan pada perangkat Android 5.0 Lollipop atau versi di atasnya.

Fitur dasar yang dimiliki Screenshot Touch, seperti menangkap gambar dengan sentuhan (area pemberitahuan, ikon overlay, shaking the device). Selain itu, aplikasi juga bisa merekam video dari layar Android untuk MP4 dengan opsi (resolusi, frame rate, tingkat bit, serta audio).

Ada juga bisa menggambar di gambar yang telah diambil, berbagi hasil screenshot ke aplikasi terinstall lainnya, serta menggunakan fitur dasar lainnya. Ada juga fitur dinamis, seperti, capture options, pemberitahuan persistent (opsional), dan multiple saving folders.

Tangkapan Layar Mudah

Aplikasi yang jumlah pengunduhnya lebih dari 10 juta pengguna Android ini, mempunyai ukuran 4.6 MB dan rating 4.6. Aplikasi screenshot Android yang satu ini bisa membantu penggunanya mengambil tangkapan layar pada tablet hingga perangkat Android dengan cara yang mudah.

Ada juga perekam layar yang memudahkan Anda mengambil video, lalu dibagikan ke teman. Selain itu, keberadaan fungsi tangkapan layar gulir membuat pengguna dapat ambil gambar halaman gulir layar dalam versi penuh.

Anda juga akan dibantu menangkap laman web dengan ukuran penuh serta kualitasnya tinggi. Fitur lain yang tersedia dalam aplikasi ini adalah gulir tangkapan, editor gambar, rekam layar, potong (putar, rasio aspek dan bentuk), menyesuaikan, menggabungkan gambar atau video, dan sebagainya.

Screenshot – Capture Cepat

Developer dari aplikasi screenshot ini adalah HDM Dev Team, dengan ukuran aplikasinya 4.9 MB, dan jumlah pengunduhnya lebih dari 1 juta pengguna Android. Aplikasi ini memfasilitasi fotografi tangkapan layar dengan kecepatan yang tinggi, serta optimal bagi penangkapan gambar secara berturut-turut.

Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini, seperti memotong area bar status, memotong area bar navigasi, animasi penangkapan layar.

Selain itu, ada juga tombol rana yang terletak pada lapisan atas, ikon notifikasi, menampilkan pratinjau, tombol kecil, membuat pintasan, lokasi penyimpanan, unggah gemawan, serta membuka tangkapan layar yang terbaru.

Screenplay Screenshot dan Perekaman Layar

Aplikasi screenshot Android besutan Screenplay ini mempunyai ukuran 4.6 MB, dengan jumlah pengunduh lebih dari satu juta. Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi ini, misalnya seperti screenshot organiser dan editor agar pengguna dapat tambahkan teks, garis, serta bentuk di tangkapan layar.

Fitur lainnya adalah menyalin dan menempelkan teks, sehingga bisa menyimpannya untuk catatan. Melalui aplikasi ini, pengguna juga dapat memilih cara untuk mengambil tangkapan layar.

Di antaranya seperti kombinasi tradisional yaitu tombol daya dan home, menekan tombol home dengan lama, tombol mengambang, dan opsi lainnya. Aplikasi ini turut dibekali saran pemangkasan otomatis serta pemangkasan manual, dan fitur lainnya.

LongShot

Dengan bantuan aplikasi ini, maka Anda bisa menangkap layar panjang hanya dengan sekali tembakan. Jadi, Anda bisa melakukan screenshot baik pada percakapan, halaman web, tulisan, dan sebagainya.

Aplikasi berukuran 4.8 MB yang dikembangkan Leav Jenn ini secara otomatis mampu menggabungkan sejumlah tangkapan layar maupun gambar menjadi satu, baik vertikal atau horizontal, dengan berbagai pilihan.

Fitur lainnya adalah bisa secara otomatis menangkap layar sesudah bergulir. Bahkan, ada tombol tangkap-layar yang mengapung, sehingga beberapa tangkapan layar dapat dilakukan seperti angin.

Anda juga dapat menangkap halaman web yang terlihat panjang, cukup dengan dua klik. Tidak ada watermarks juga di sini dan terdapat fitur penggabungan manual.

Assistive Touch untuk Android

Aplikasi berukuran 7.2 MB ini, pihak developernya adalah Assistive Touch Team, dengan jumlah pengunduhan lebih dari 50 juta kali di Google Play Store. Aplikasi screenshot Android ini memfasilitasi virtual tombol Home, sehingga Anda bisa mengunci layar dengan mudah serta membuka task baru-baru ini.

Selain itu, ada virtual tombol volume yang membantu mengubah volume serta mode suara dengan sentuhan cepat. Membersihkan RAM, tingkatkan kecepatan, serta aktivitas lain bisa dilakukan dengan satu sentuhan melalui bantuan aplikasi ini.

Selain itu, pengguna bisa membuka aplikasi favoritnya serta menuju ke seluruh pengaturan dengan sangat cepat melalui sentuhan.

Ada pula pengaturan sentuh cepat pada aplikasi ini, mencakup tangkap screenshot, tombol kembali, power popup, buka pemberitahuan, wifi, Bluetooth, lokasi. Selain itu ada fitur modus cincin, perputaran layar, volume up dan down, mode pesawat, senter dan sebagainya.

Screenshot dan Perekam Layar 

Aplikasi sebesar 8.2 MB dengan rating 4.5 di Google Play Store ini, pihak pengembangnya adalah Mobile Idea Studio. Jumlah pengguna Android yang telah mengunduhnya lebih dari lima juta. Secara umum, aplikasi yang satu ini akan membantu Anda mengambil serta mengedit tangkapan layar.

Aplikasi ini mendukung layar rekaman untuk video, dan bisa membantu menampilkan jendela pratinjau kamera ketika sedang merekam layar. Aplikasi ini juga dibekali klik bilah pemberitahuan untuk ambil tangkapan layar, serta klik ikon overlay sebanyak dua kali agar dapat mengambil screenshot.

Selain itu, aplikasi Screenshot dan Perekam Layar mendukung screenshot pada halaman web, serta terdapat dukungan quick settings mulai dari Android Nougat. Fitur lainnya yaitu lukisan pada tangkapan layar, menambahkan mosaik, menambahkan teks, menambahkan stiker, dan sebagainya.

Jika Anda tidak puas dengan fitur screenshot bawaan dari ponsel Android, maka bisa coba menggunakan salah satu aplikasi screenshot Android di atas. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa menikmati lebih banyak fitur yang tidak ada di fitur screenshot bawaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *