9 Rekomendasi Aplikasi Recording Android Terbaru

Aplikasi Recording Android Perekam suara atau video merupakan salah satu fitur bawaan ponsel Android. Karena itu, beberapa dari Anda mungkin berpikiran tidak memerlukan aplikasi recording Android. Namun, umumnya, aplikasi recording di Play Store mempunyai fitur yang lebih beragam dibandingkan perekam bawaan dari smartphone.

Perekam Layar – XRecorder

Aplikasi besutan InShot Inc berukuran 26 MB dengan rating 4.8 ini sudah diunduh sebanyak 100 juta kali lebih oleh pengguna Android. Intinya, aplikasi ini memfasilitasi perekam layar yang didukung suara jernih serta video tangkapan layar berkualitas tinggi.

Perekam Layar – XRecorder memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar secara jelas dan merekam gameplay di ponsel. Pengguna juga bisa mengekspor video HD penuh dengan pengaturan khusus, yakni, 240p menuju 1080p, 60FPS, 12Mbps.

Aplikasi ini pun tidak mempunyai tanda air atau watermark, sehingga hasil rekam video dan tangkapan layar pun bersih. Waktu perekaman pun tidak dibatasi dan ponsel tidak perlu root untuk memasangnya.
Aplikasi recording Android ini juga dibekali satu sentuhan untuk mengendalikan serta mengambil momen tepat, penghitung waktu mundur, dan sebagainya.

AZ Screen Recorder

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 50 juta kali ini meraih rating 4.6 di Google Play Store, dan ukuran aplikasinya 11 MB. Aplikasi perekam layar Android ini, tidak memerlukan akses root sebelum oemasangan, bebas dari iklan, tidak ada batas waktu perekaman, tidak ada watermark, serta mudah dioperasikan.

Software ini akan merekam layar ponsel menjadi video Full HD dan QHD. Menariknya, aplikasi perekam layar ini bisa dijeda, lalu dimulai kembali saat perekaman. Pengguna juga bisa melakukan berbagai hal lainnya, yakni, merekam suara dari mic. Selain itu, ada pilihan resolusi video, tampilkan sentuhan layar, menghitung waktu mundur, tampilkan teks dan logo, opsi memilih time-lapse maupun gerakan lambat, dan sebagainya.

Easy Voice Recorder

Aplikasi berukuran 6.4 MB ini, jumlah pengunduhnya lebih dari 50 juta pengguna perangkat Android. Bagi siswa, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk merekam pelajaran serta perkuliahan secara jelas, walaupun pengajar tidak berada di hadapan Anda secara langsung.

Baca Juga : Aplikasi Nonton Film Tanpa Kuota di Android

Anda dapat mendengar catatan secara berulang kali, sehingga sangat membantu memudahkan belajar ketika mendekati ujian. Pemutaran pun dapat dipercepat dan diperlambat, sehingga pengguna dapat mendengarkan secara nyaman.

Apalagi, aplikasi ini tidak mempunyai batasan waktu perekaman dan disediakan opsi untuk mengecilkan ukuran file. Adapun fitur yang dimiliki aplikasi ini yaitu merekam PCM dan MP4 kualitas tinggi, atau bisa memakai AMR dalam rangka menghemat penyimpanan.

Bahkan, Easy Voice Recorder didukung Wear OS. Jadi, Anda bisa merekam dari smartwatch, membagikan rekaman bisa dilakukan dengan mudah, dan mendapat berbagai fitur menarik lainnya.

WaveEditor Record & Edit Audio

Pengembang dari aplikasi recording Android yang satu ini adalah Sound-Base Andio, LLC. Aplikasi yang berukuran 6.9 MB ini, jumlah pengunduhnya di Google Play Store lebih dari lima juta pengguna. Secara umum, Wave Editor for Android merupakan alat profesional untuk mengedit, merekam, serta menangkap audio.

Aplikasi yang satu ini pun mendukung aneka jenis file, sehingga cocok bagi konversi format audio serta pemutaran media. Fitur yang tersedia di aplikasi ini yaitu pencampuran serta pengeditan Multi-Track, dan perekaman dengan format WAV atau MP3.

Selain itu, ada juga alat analisis visual (FFT, oscilloscope, spectrogram) dan mendukung format impor, yakni (3gp, aac, aif, aifc, aiff, alac, amr, dan lainnya). Sementara, format ekspor yang didukung di antaranya seperti aiff, flac, mp3, ogg, pcm, dan wav.

Perekam Layar, Rekam Layar

Aplikasi yang dikembangkan Vidmate Video Studio ini, mempunyai ukuran 19 MB, dan jumlah download lebih dari 10 juta di Play Store. Aplikasi perekam layar ponsel ini, dibekali sejumlah fitur unggulan, seperti, mampu merekam layar berkualitas tinggi secara gratis hingga 1080p, 60 fps.

Selain itu, perekaman layar bisa dilakukan dengan audio atau bisa juga tanpa suara. Pengguna pun berkesempatan merekam video tanpa jeda pada perangkat Android, dan pemasangannya tidak memerlukan root.

Fitur unggulan lainnya yaitu pengguna dapat merekam layar dan suara, kemudian, membagikan rekaman tersebut ke rekan-rekannya. Selain itu, terdapat fitur ekspor video serta mengedit menggunakan aplikasi edit video profesional.

Perekam Suara & Memo Suara

plikasi yang sudah diunduh lebih dari lima juta kali ini, dikembangkan oleh Dairy App & Notes & Audo Editor & Voice Recorder. Aplikasi recording Android berukuran 12 MB ini dikatakan mempunyai perekam audio berkualitas tinggi.

Bahkan, tidak batasan waktu bagi pengguna untuk melakukan perekaman, sehingga Anda bisa merekam selama yang diinginkan. Format rekaman yang didukung aplikasi ini seperti AAC, M4A, AMR dan MP3.
Selain itu, aplikasi ini mendukung aneka atribut suara, yakni, mono dan stereo. Aplikasi ini juga mempunyai interface yang bagus, sehingga memudahkan penggunaannya.

Parrot Voice Recorder

Jumlah download aplikasi ini di Play Store sudah sebanyak lebih dari satu juta kali, serta dikembangkan oleh Searing Media Inc. Aplikasi perekam suara ini memungkinkan penggunanya melakukan perekaman, memutar, serta berbagi rekaman suara, dan berbagai fitur lainnya secara cepat.

Antarmuka dari aplikasi ini juga bisa dikatakan sederhana serta menarik, sehingga memudahkan pengguna membuat rekaman suara jernih dan seimbang. Aplikasi Parrot bisa dimanfaatkan untuk merekam audio, percakapan telepon, nyanyian, dan sebagainya. Namun, untuk melakukan perekaman panggilan telepon, maka ada Parrot Pro.

Berbagai aplikasi recording Android yang tersedia di Google Play Store ternyata bisa merekam video dengan berbagai fitur tambahan. Setelah membahas beberapa aplikasi recording di atas, manakah aplikasi yang membuat Anda tertarik untuk mengunduhnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *