Aplikasi Pembersih Android Terbaik dan Ringan

Aplikasi Pembersih Android Terbaik dan Ringan Cache atau file sampah sering menumpuk di smartphone yang Anda gunakan. File tersebut tidak bisa hilang dengan sendirinya. Untuk melakukan pembersihan yang efisien, Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih. Berikut rekomendasi aplikasi pembersih android terbaik dan ringan untuk Anda.

Daftar Aplikasi Pembersih Android Terbaik

Aplikasi-aplikasi di bawah ini didesain oleh pengembangnya untuk membersihkan seluruh cache atau file sampah yang terdapat di smartphone. Setiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Clean Master

Pilihan pertama yang cukup populer di Playstore adalah Clean Master. Ada banyak fasilitas dan kemudahan yang diberikan untuk membantu pembersihan file sampah di memori internal smartphone Anda. Ukuran dari Clean Master juga tergolong ringan, yakni hanya 20 MB saja.

Clean Master juga menyediakan fasilitas antivirus yang bisa Anda gunakan secara gratis. Apabila Anda ingin memasang aplikasi tersebut, maka segera kunjungi Playstore untuk menemukannya. Clean Master ditandai dengan logo kuas berwarna biru.

Pembersih Ponsel

Rekomendasi selanjutnya yaitu aplikasi bernama Pembersih Ponsel. Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah ukurannya yang sangat ringan, yaitu hanya  4.4 MB. Pembersih Ponsel juga  kompatibel untuk smartphone dengan versi Android 4.1.

Walaupun mempunyai ukuran yang minimalis, Pembersih Ponsel tetap patut Anda lirik karena performanya cukup bagus. Beberapa fasilitas lain dari aplikasi ini yaitu pembersih sampah, pembersihan data, penghemat baterai, serta pendingin CPU.

Baca Juga : Aplikasi Ubah Foto Pengantin

Nox Cleaner

Nox Cleaner menjadi aplikasi pembersih android terbaik dan ringan ketiga yang bisa Anda gunakan. Aplikasi ini cukup kompatibel untuk ponsel yang menggunakan versi android 4.4 ke atas. Ukuran dari Nox Cleaner hanya 17 MB saja, sehingga tidak mengganggu kinerja perangkat secara signifikan.

Aplikasi ini mempunyai banyak fitur keren serta mampu meningkatkan kinerja dari smartphone yang Anda gunakan. Beberapa fitur utamanya seperti game booster, pembersih cache, booster RAM, serta pendingin CPU.

Clean Master Lite (Boost)

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini adalah versi ringan dari Clean Master. Karena ukurannya yang jauh lebih kecil, Clean Master Lite  lebih banyak diunduh dan digunakan. Apabila pada versi biasanya berukuran 20 MB, aplikasi ini hanya berukuran 5.9 MB saja.

Bagi Anda yang ingin memasang Clean Master Lite, maka tidak perlu khawatir akan fitur di dalamnya. meskipun ukurannya sangat ringan, aplikasi tersebut dibekali dengan fitur pembersihan sampah, antivirus, booster kecepatan, serta penghemat baterai.

360 Security Lite

Tak mau kalah dengan rekomendasi sebelumnya, Mobimagic Develop juga meluncurkan 360 Security Lite. Ukuran dari aplikasi ini sangat ringan, yaitu hanya 7 MB. 360 Security Lite tetap mempunyai performa yang menakjubkan dalam meningkatkan kemampuan perangkat Anda.

360 Security Lite juga cocok untuk Anda gunakan dalam menjaga performa smartphone saat digunakan untuk multitasking atau game. Pada sisi keamanannya, aplikasi ini pun menyematkan antivirus malware.

Pembersih & Anti Virus

Rekomendasi aplikasi pembersih di Android terbaik berikutnya adalah Pembersih & Anti Virus. Aplikasi ini bekerja dengan sangat baik dalam membersihkan seluruh file sampah yang masih tertinggal di smartphone Anda.

Selain fitur utamanya sebagai pembersih cache dan file sampah lainnya, Pembersih & Anti Virus juga menyediakan berbagai fitur tambahan. Anda dapat mengunci aplikasi, mencari tahu penyusup, antivirus, dan pemblokiran tertentu.

CCleaner

CCleaner menjadi aplikasi pembersih Android terbaik dan ringan yang bisa Anda lirik juga. Pasalnya, aplikasi tersebut sudah rilis dahulu pada versi PC. Walaupun berbeda platform, CCleaner versi smartphone tidak kalah powerfull dan tetap mempunyai performa yang baik.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup ringan, yaitu hanya 17 MB. Beberapa fitur menarik dari CCleaner adalah pembersih sampah, booster RAM, analisis penyimpanan, pemantau sistem, dan manajemen aplikasi.

Power Clean

Pilihan aplikasi pembersih Android selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu Power Clean. Menariknya, aplikasi ini dapat dijalankan pada smartphone dengan RAM minimal 1 GB karena ukurannya yang sangat ringan, yakni 7 MB.

Power Clean tetap mempunyai kemampuan yang bagus dalam menghapus file sampah yang ada di smartphone. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dibekali dengan pembersih notifikasi, pendingin CPU, serta peningkatan daya.

Cache Cleaner Lite

Memiliki ukuran yang tidak berbeda jauh dengan rekomendasi sebelumnya, Cache Cleaner Lite bisa Anda jadikan sebagai alternatif pembersih Android. Aplikasi ini hanya berukuran 8 MB saja dan kompatibel untuk semua smartphone.

Anda dapat membersihkan file sampah yang masih tertinggal dan menumpuk di penyimpanan internal. Selain fitur utamanya tersebut, Cache Cleaner Lite juga dibekali dengan speed booster, battery saver, serta pendingin CPU.

Tips Menentukan Aplikasi Pembersih Android

Simak beberapa tips berikut setelah Anda menyimak daftar aplikasi pembersih Android terbaik dan ringan di atas. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan kemampuan perangkat Anda dengan aplikasi yang akan digunakan, sehingga tidak terjadi lag atau crash.

Perhatikan Rating Atau Penilaian

Tips yang pertama adalah memperhatikan rating atau penilaian di Playstore. Aspek ini dapat Anda jadikan sebagai referensi sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi terkait. Hal itu disebabkan penilaian di Playstore relatif objektif.

Hindari Iklan yang Terlalu Banyak

Aspek selanjutnya bisa Anda ketahui saat aplikasi sudah terinstal. Karena ukurannya yang kecil dan ringan, aplikasi tersebut biasanya digunakan untuk menampilkan iklan yang cukup banyak. Hal ini harus Anda hindari agar tidak mengganggu saat dibutuhkan dalam kondisi mendesak.

Periksa Deskripsi Aplikasi Secara Keseluruhan

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membaca deskripsi aplikasi secara keseluruhan. Pada umumnya pihak pengembang selalu memberikan informasi yang rinci di bagian deskripsi aplikasi. Baca dengan perlahan untuk memahami setiap poinnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *