Asuransi AIA Terbaik

Asuransi AIA ialah perusahaan asuransi jiwa yang diatur oleh PT AIA Financial. Produk yang didatangkan meliputi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi unit link, dan ada banyak kembali.

Kedatangan perusahaan Asuransi AIA di Indonesia tidak lepas dari figur Cornelius Vander Starr yang membangun AIA pertama kalinya di Shanghai, China pada 1919. Seiring berjalannya waktu, Starr membangun Intern Assurance Company, Limited (Instasco) di Shanghai pada 1931 dan buka kantor cabang di Hong Kong dan Singapura.

Menyaksikan perkembangan keuangan di Indonesia, group ini mulai meniti usaha di tanah air pada 1984. Tetapi, perusahaan bernama sah PT AIA Financial baru terjadi pada 2009.

PT AIA Financial (AIA Indonesia) ialah anggota Federasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan sudah tercatat dan dipantau oleh Kewenangan Jasa Keuangan (OJK) bernomor ijin usaha KEP-156/KMK.017/1997 tertanggal 3 April 1997. Disamping itu, AIA Asuransi mempunyai ijin usaha unit syariah berdasar Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-268/KM.10/2009 tertanggal 14 Agustus 2009.

Prestasi dan Penghargaan

AIA Financial Indonesia sudah raih beragam penghargaan berprestise, baik dari dalam negeri atau luar negeri. Di Indonesia, prestasi dan penghargaan yang sempat dicapai AIA Asuransi diantaranya:

Rangking 2 The Best Life Insurance 2018 – Indonesia Insurance Award 2018 Economic Ulasan
Asuransi Jiwa Terbaik 2018, kelompok asset di atas Rp25 triliun – Investor Awards
Kelompok Pengembangan CSR: AIA Sepak Bola untuk Negeri bersama David Beckham – Koran SINDO Awards
Hebat Agent by Kebijakan – Hebat Agent Awards AAJI 2018

Laporan Keuangan Asuransi PT AIA Financial

Bagus tidaknya perusahaan asuransi bisa dijumpai dari rasio solvabilitas / risk based capital (RBC). RBC sendiri bisa disimpulkan sebagai kekuatan perusahaan asuransi dalam penuhi semua kewajibannya, terhitung pembayaran claim nasabah. Baiknya, minimum rasio yang diharuskan oleh OJK ialah 120 %.

Berdasar keterangan barusan AIA Insurance menunjukkan perform keuangan perusahaan lewat neraca keuangan tahun 2021. Berikut rinciannya:

Rasio solvabilitas: 646%
Jumlah ekuitas: Rp 12.057 triliun
Jumlah asset: Rp 52.726 triliun

Jika berkaca pada neraca keuangan di atas bisa diambil kesimpulan jika AIA Insurance mempunyai tingkat rasio solvabilitas yang jauh melewati ketetapan minimal OJK. Sementara dari segi jumlah ekuitas dan asset, AIA Insurance sudah penuhi standard minimal yang sudah diputuskan oleh OJK, yakni Rp100 miliar untuk ekuitas dan Rp150 miliar untuk asset.

Informasi Terkini AIA Indonesia

AIA Luncurkan Produk Asuransi AIA Wakaf Assurance

Mei 2022 – AIA Financial Indonesia (PT AIA Financial) mengeluarkan produk asuransi syariah terkini, yakni AIA Wakaf Assurance. Produk asuransi ini memberi faedah berbentuk santunan sejumlah Rp10 juta di mana 10 % dari nilai itu akan didistribusikan untuk aktivitas wakaf yang diteruskan lewat Dompet Dhuafa. Dalam pasarkan AIA Wakaf Assurance, AIA menggamit Gojek sebagai partnernya. Produk itu dapat didapat lewat basis GoSure.

AIA dan CIMB Niaga Datangkan Fortuna Critical Advance Protection

April 2022 – AIA dan PT Bank CIMB Niaga mendatangkan Fortuna Critical Advance Protection sebagai wujud pelindungan dari beragam penyakit krisis. Produk ini bukan hanya membuat perlindungan nasabah dari 100 lebih penyakit krisis saja, tetapi juga sanggup memproteksi sampai umur 99 tahun. Salah satunya faedah yang diberi Fortuna Critical Advance Protection ialah faedah perawatan kanker atau jantung di luar negeri dengan extra 50% uang pertanggungan.

AIA Financial Indonesia Beri Pelindungan Gratis kesepuluh Ribu Calon Pemudik

April 2022 – Di peristiwa Lebaran tahun ini, AIA Financial Indonesia mengeluarkan program Mudik Tenang Bersama Bebas Terlindung dengan gratis. Program itu diperuntukkan ke 10 ribu calon pemudik supaya terlindung dari resiko kecelakaan sepanjang diperjalanan. Disamping itu, program Mudik Tenang Bersama Bebas Terlindung memberi faedah karantina mandiri sejumlah Rp300 ribu jika terkena virus Covid-19 dan santunan rawat inap sejumlah Rp1 juta setiap hari.

Di atas ialah beberapa perkiraan harga premi Asuransi AIA Financial. Tetapi memang pada pokoknya harga premi Asuransi AIA umumnya berbeda pada setiap nasabah. Umumnya polis yang tidak ditetapkan minimum preminya ialah yang preminya dihitung berdasar pertanggungan yang diputuskan oleh nasabah.

Ketidaksamaan premi tiap nasabah dikuasai oleh beragam factor, misalnya:

Tipe asuransi yang diambil
Profile tertanggung: umur, tugas, tipe kelamin, kisah penyakit, dan sebagainya
Tipe dan nilai asset atau harta benda yang diasuransikan
Lingkup pertanggungan, dimulai dari pertanggungan khusus sampai pembalap (pertanggungan tambahan)
Uang pertanggungan yang hendak diputuskan

Khusus untuk factor yang paling akhir, yakni uang pertanggungan (UP) dapat memengaruhi besaran premi yang hendak Anda bayarkan kelak. Semakin besar UP yang diambil, karena itu semakin besar juga premi yang hendak Anda bayarkan. Itu penyebabnya, Anda perlu hitung berapakah UP yang hendak diambil supaya tidak memberatkan premi yang dibayar yang akan datang. Disamping itu, hitung UP akan membuat Anda ketahui keperluan ongkos hidup sesudah ditinggal oleh tulang punggung khusus (tertanggung).

Nach, untuk hitung uang pertanggungan (UP) Anda dapat memakai kalkulator UP berdasar pengeluaran berikut:

Langkah Claim Asuransi AIA

Proses claim Asuransi AIA tentu saja berdasar polis yang dipunyai oleh nasabah. Berikut proses claim Asuransi AIA yang bisa Anda turuti:

Nasabah ajukan document claim lewat kantor pusat/cabang AIA / agen officer / bancassurance officer / layanan konsumen paling dekat.
Sesudah document claim diterima, faksi perusahaan AIA akan mengecek kelengkapan document. Bila document claim tidak komplet, karena itu nasabah akan diumumkan oleh faksi AIA Insurance lewat SMS. Jika nasabah tidak lengkapi document sepanjang 30 hari kerja, karena itu document akan dibalikkan ke nasabah lewat agen officer / bancassurance officer.
Document claim yang telah komplet akan diolah dan nasabah tinggal menanti pernyataan lewat SMS berkenaan status claim, apa diterima atau ditampik.
Jika claim diterima, karena itu perusahaan AIA Financial akan mengirim dana ke rekening nasabah.

Umumnya, proses claim Asuransi AIA cair dalam waktu 8 hari kerja untuk asuransi kesehatan dan 11 hari kerja untuk claim wafat.

Document Claim AIA Asuransi Kesehatan

AIA Formulir Asuransi Kesehatan
Surat rekam media asli
Surat info dokter asli yang telah diberi tanda tangan dan distempel
Pertanda terima pembayaran
Foto copy pengecekan klinis
Foto copy KTP pemegang polis

Document Claim Asuransi Jiwa AIA

Persiapkan polis asli
Formulir Claim Asuransi Jiwa AIA
Surat info kematian komplet dari pemerintahan atau faksi berkuasa di tempat
Surat info dokter untuk claim wafat
Salinan catatan klinis tertanggung
Salinan jati diri tertanggung, pemegang polis, dan pewaris
Surat informasi acara dari faksi kepolisian jika wafat karena kecelakaan
Document yang lain diperlukan oleh faksi AIA
Bukti identitas pewaris yang hendak terima uang pertanggungan

Ulasan Asuransi AIA Indonesia

Ada beberapa factor yang membuat Asuransi AIA Indonesia demikian disukai oleh calon nasabahnya. Selain opsi polisnya yang demikian bermacam, berdasar sebagian ulasan ada beberapa hal yang lain membuat Asuransi AIA Indonesia unggul jika dibanding perusahaan asuransi semacam. Berikut keunggulan yang dipunyai oleh Asuransi AIA Financial Indonesia:

1. Rumah sakit relasi luas

Salah satunya yang membuat Asuransi AIA Indonesia unggul ialah jaringan rumah sakit luas. Keseluruhan lebih dari 800++ rumah sakit telah bekerja bersama dengan AIA Insurance. Dimulai dari rumah sakit dalam negeri s/d luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

2. Limit tahunan sama sesuai bill

Limit asuransi jadi hal yang pantas diperhitungkan saat beli asuransi kesehatan. Dan, AIA Asuransi mempunyai limit tahunan sesuai bill (as charged). Sudah pasti ini jadikan keuntungan tertentu untuk nasabahnya. Karena, Anda tak perlu khawatir dengan mahalnya ongkos perawatan di rumah sakit.

3. Memikul sampai umur 99 tahun

Umumnya, produk asuransi jiwa jarang-jarang memberi faedah pertanggungan sampai 99 tahun (sepanjang umur). Tetapi AIA Insurance berlainan, perusahaan ini malah memberi faedah pertanggungan sampai 99 tahun untuk polis asuransi jiwa. Contoh polisnya ialah AIA Sehat Terus.

4. Loyalty bonus

Faedah pertanggungan yang jadikan AIA Insurance lumayan disukai nasabah ialah ada loyalty bonus. Loyalty bonus ini akan dikasih ke tertanggung yang hidup sampai akhir periode polis. Contoh polis AIA Asuransi yang tawarkan faedah ini ialah AIA Critical Protection.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.