Asuransi Astra Life Terbaik

PT. Asuransi Astra Buana adalah produk asuransi umum yang telah mendapat izin usaha Wewenang Jasa Keuangan (OJK) dan dinaungi oleh Astra Group. Astra Group sendiri memiliki dua anak perusahaan, yaitu PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) yang konsentrasi pada produk asuransi jiwa dan PT Asuransi Astra Buana yang konsentrasi pada produk asuransi umum.

Saat ini, Lifepal telah kerja bersama dengan Asuransi Astra Buana melalui polis Healthtech yang memberikan manfaat pertanggungan asuransi rawat jalan dengan premi bersahabat.

Berkenaan Asuransi Astra

Asuransi Astra Buana memulai usaha pada bagian asuransi umum namanya PT Perusahaan Asuransi Buana pada 12 September 1956. Di tahun 1981, PT Astra International Indonesia (AII) mengakuisisi sebagian besar saham perusahaan.

Pada 1990, nama dan lambang perusahaan diganti jadi PT Asuransi Astra Buana (Astra Buana, kadang dikenal sebagai Astra Asuransi atau Asuransi Astra). Sejak mulai itu, Astra Buana tidak cuma siapkan produk asuransi umum, tetapi juga produk asuransi kesehatan untuk masyarakat Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun di bawah nama besar Astra International, profil PT Asuransi Astra Buana terhitung sukses dan bisa dipercayai. Dapat ditunjukkan, perusahaan mampu mencatat asset (dalam neraca keuangan konsolidasi 2018) raih Rp13 triliun. Angka ini jauh di atas ketentuan asset minimal sekitar Rp150 miliar yang penting dipenuhi oleh perusahaan asuransi.

Saat ini, Astra datangkan bermacam tipe type produk asuransi, diawali dari asuransi kesehatan (Garda Medika), asuransi kendaraan bermotor (Garda Oto), asuransi properti, sampai asuransi untuk usaha. Walaupun namanya sama dan diakusisi oleh Astra International, tapi Asuransi Astra berbeda dengan Asuransi Astra Life (PT Asuransi Jiwa Astra Life) yang konsentrasi pada produk asuransi jiwa dan kesehatan.

Hukum dan Legalitas

Asuransi Astra Buana terdaftar sebagai anggota AAUI. Asuransi Astra Buana telah terdaftar dan memiliki izin usaha dari Wewenang Jasa Keuangan (OJK) melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan Indonesia bernomor KEP-7221/MD/1986 tertanggal 5 November 1986. Untuk unit syariah, Astra Buana memiliki izin usaha Unit Syariah berdasarkan surat Menteri Keuangan Nomor KEP-085/KM.5/2005 tertanggal 16 Maret 2005.

Laporan Keuangan

Beberapa data yang ada pada neraca keuangan perusahaan asuransi apat jadi rekomendasi untuk melihat kesehatan keuangan perusahaan asuransi itu. Neraca keuangan tahun 2020 punyai PT Asuransi Astra Buana adalah sebagai berikut:

Rasio solvabilitas: 259,48%
Jumlah asset: Rp14,573 triliun
Ekuitas: Rp6,297 triliun

Poin yang disebutkan awalnya sebagai beberapa pertanda kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu diakui, berdasarkan Ketetapan Wewenang Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan terkait rasio solvabilitas adalah minimal 120 %, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikelompokkan baik bila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas Asuransi Astra Buana pada tahun buku 2018 beberapa 238,45 %, di atas ketentuan minimum pemerintah. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam penuhi kewajibannya.

Selain rasio solvabilitas, kekuatan PT Asuransi Astra Buana adalah jumlah asset yang dimiliki raih Rp13,207 triliun. Bahkan, keseluruhnya asset induk usahanya raih Rp334,137 triliun pada tahun 2018. Pencapaian itu sudah pasti jadi salah satu keunggulan PT Astra Buana sebagai satu diantaranya pilihan asuransi umum terbaik.

Cara Claim Asuransi Astra Buana

Cara claim Asuransi Astra Buana dibedakan berdasarkan type produk yang dibeli. Berikut info singkat terkait cara claim dari setiap produk Asuransi Astra Buana, mulai asuransi kesehatan, asuransi umum, dan asuransi mobil.
Asuransi Astra – Kesehatan

Perlihatkan kartu Garda Medika ke rumah sakit rekanan → klarifikasi claim → lalui proses perawatan → bayar excess jika ada kelebihan bill → jika tidak ada, selesai

Reimbursement

Datang ke rumah sakit non rekanan → lalui proses perawatan → bayar dengan dana pribadi → berikan claim ke HRD atau pihak asuransi → tunggu klarifikasi → dana pribadi ditukar sesuai sama polis
Asuransi Astra – Umum
Laporkan kejadian ke Garda Akses 1500 112 ext. 2 → kirim dokumen melalui e-mail ccl@asuransiastra.com → tim underwriter Astra Buana Asuransi kerjakan verifikasi data → proses claim dikerjakan (ganti rugi)
Asuransi Astra – Kendaraan Bermotor (Garda Oto)
Isi formulir claim melalui program Garda Mobile Otocare (maks. 5 hari setelah kejadian) → tim memeriksa kerusakan kendaraan dan tetapkan ide penyempurnaan → nasabah memperoleh Surat Perintah Kerja elektronik → mobil dijemput dan diantar ke bengkel di wilayah servis Pickup Delivery Service → mobil diantar balik lagi ke arah tempat customer setia → melengkapi dokumen tambahan (untuk asuransi TLO) → claim akan dibayarkan dalam 14 hari kerja

Info Terbaru Asuransi Astra Buana

Asuransi Astra Alirkan Beasiswa Rp300 Juta Lewat Program #MaskerTemanTuli

April 2021 – Pada September 2020 lalu, Asuransi Astra telah mengadakan Kampanye #MaskerTemanTuli dengan alirkan kontributor sekitaran 6,400 masker ramah Tuli dan 1.100 paket sembako sejumlah Rp220 juta telah dilanjutkan ke bermacam komunitas Tuli dan SLBB di 24 kota di Indonesia.

Tidak hanya itu, kontributor berwujud beasiswa edukasi beberapa Rp300 juta dan sembilan unit notebook telah diberi pada SLB B Sana Dharma Jakarta. Kampanye ini menghasilkan apresiasi dari Markplus berwujud penghargaan Indonesia Branding Kampanye of The Year 2021 untuk barisan GOLD.

Asuransi Astra Raih Indonesia Living Legend Private Companies 2021

Juli 2021 – PT Asuransi Astra Buana (Astra Asuransi) kembali mencatat penghargaan di tahun 2021 dengan menyikat Luar biasa 110 Living Legend Private Companies 2021 dari Majalah SWA untuk merk asuransi mobil Garda Oto.

Penghargaan ini dikasih sebagai apresiasi pada merek dan perusahaan yang menjadi legenda di Indonesia, dan Asuransi Astra Garda Oto penuhi semua syarat barisan itu. Ditetapkan sejak tahun 1956, asuransi Astra masih mampu jaga keunggulannya.

Pertanyaan Sekitaran Asuransi Astra Buana

Berikut adalah lis pertanyaan yang sering diberikan oleh beberapa calon nasabah atau nasabah Asuransi Astra Buana.

UU Asuransi mengatur berkenaan apa?

Perusahaan asuransi dan baris usaha terkait saat ini tidak lagi menggunakan UU Asuransi No.2 tahun 1992, tapi menggunakan UU Asuransi terbaru yaitu UU No.40 tahun 2014 berkenaan Perasuransian.

Undang-undang Republik Indonesia No.40 tahun 2014 berkenaan Perasuransian (UU Asuransi 2014) mengatur beberapa hal ini:

Ruang lingkup usaha perasuransian; bentuk badan hukum dan kepemilikan
Perusahaan perasuransian; hal pemberian ijin usaha; penyelenggaraan usaha
Tata urus usaha perasuransian berbentuk koperasi dan usaha bersama
Peningkatan kekuatan asuransi, asuransi syariah, reasuransi
Reasuransi syariah dalam negeri
Program asuransi wajib; perubahan kepemilikan, penggabungan, dan peleburan
Pembubaran, likuidasi, dan kepailitan
Pelindungan pemegang polis, tertanggung, atau peserta
Profesi pemasok jasa untuk perusahaan perasuransian; pengaturan dan pengawasan
Liga usaha perasuransian

Apa itu Asuransi Astra Buana?

Asuransi Astra Buana adalah asuransi umum yang berdiri sejak 1956 dan berada di bawah naungan PT. Asuransi Astra Buana. Berpengalaman lebih dari 60 tahun, dua produk favorite dari Asuransi Astra adalah Asuransi Mobil Garda Oto dan Asuransi Kesehatan Garda Medika.

Tidak hanya itu, Astra Buana pasarkan polis untuk motor namanya Garda Motor. Asuransi Astra Motor memberikan jaminan keseluruhnya loss only atas risiko rugi atau kerusakan sepeda motor.

PT Asuransi Astra Buana Company Profile atau berkenaan Asuransi Astra selengkapnya dapat dibaca di sini.

Asuransi Astra Punyai Siapa?

Sebagian besar saham Asuransi Astra dimiliki oleh PT Astra International Tbk. dan ditata oleh barisan direksi yang oke di bidangnya, sebagai berikut:

Chief Executive Officer: Rudy Chen
Chief Marketing Officer – Retail Business: Gunawan Salim
Chief Marketing Officer – Commercial dan Health Business: Christopher Pangestu
Chief Operating Officer: Hendry Yoga
Chief Technical Officer: Mulia K. B. Siregar
Chief Compliance and Risk Management Officer: Yme Adi Sepiarso
Chief Financial Officer: Maximiliaan Agatisianus

Asuransi Astra Buana bekerja di bidang apa?

Asuransi Astra Buana bekerja di bidang asuransi umum, terhitung satu diantaranya asuransi mobil, asuransi motor, dan asuransi kesehatan. Tidak hanya itu, Asuransi Astra datangkan baik produk konvensional dan syariah.

Apa visi misi Asuransi Astra?

Asuransi Astra memiliki dedikasi untuk datangkan servis yang membuat nasabah terasa damai dan rasakan pengalaman menyenangkan. Sudah pasti, hal tersebut sejalan dengan visi misi Asuransi Astra Indonesia yakni:
Visi

Memberikan hati damai dan aman ke juta-an customer setia.

Misi

Memberikan hati damai dan aman untuk customer setia kita.
Bersama mewujudkan kehidupan bekerja yang memberi support berkembangnya setiap individu.
Memberikan kepastian ke sejumlah pemegang saham bila perusahaan memiliki nilai yang baik untuk investasi masa panjang.
Jadi warga usaha yang lakukan tanggung-jawab sosial dan mengurusi lingkungan hidup secara terkait.

Leave a Comment

Your email address will not be published.