Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor adalah asuransi yang memberikan tukar rugi jika terjadi kerusakan sampai kehilangan pada motor atau mobil yang diasuransikan.

Apa Itu Asuransi Kendaraan Bermotor dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pengetahuan asuransi kendaraan bermotor adalah produk asuransi yang memberikan tukar rugi pada risiko kerusakan dan kehilangan pada kendaraan punyai nasabah. Type kendaraan yang ditanggung berbagai, diawali dari mobil, motor, truk, sampai bus.

Cakupan perlindungan asuransi kendaraan umumnya terdiri jadi dua, yaitu All Risk (Comprehensive) dan Keseluruhnya Loss Only (TLO). Perlindungan All Risk akan mengganti rugi keseluruhnya atau beberapa, sementara untuk TLO hanya menanggung rugi keseluruhnya saja.

Cakupan Pertanggungan Asuransi Kendaraan Bermotor

Berdasarkan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), pertanggungan dikasih bila terjadi risiko misalkan:

Tabrakan, benturan, tergelincir, terperosok, dan terbakar
Remuk karena perlakuan jahat (pencuri) dan pencurian yang dituruti kekerasan atau intimidasi
Tanggung-jawab hukum pihak ketiga , karena berjalannya kecelakaan yang menyebabkan kematian, cedera, dan kerusakan properti[/accordion]

Pengecualian

Pertanggungan asuransi kendaraan memiliki beberapa pengecualian. Berikut daftar selengkapnya.

Kecelakaan dengan pengemudi di bawah umur atau tidak memiliki SIM yang berjalan, atau berada di bawah imbas alkohol
Kerusakan yang muncul karena memberi pelajaran berkendaraan, turuti demo, dan jadi transportasi tindak kejahatan
Kendaraan musnah karena dicuri kerabat sendiri
Kerusakan karena membawa muatan yang melalui kekuatan

Perhitungan Premi Asuransi Kendaraan Bermotor

Premi asuransi kendaraan sekitaran diawali dari Rp45 beberapa ribu /bulan (TLO) sampai juta-an rupiah. Ongkos premi asuransi kendaraan bermotor bergantung pada tiga faktor, yaitu kisaran harga kendaraan pada saat ini, wilayah tempat Anda tinggal, dan type asuransi kendaraan yang ditetapkan.

Mengarah pada surat dengan lebaran Wewenang Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 berkenaan “Penetapan Premi atau Kontribusi pada Baris Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor” pada tahun 2017. Dalam dengan lebaran itu, ongkos asuransi kendaraan bermotor dibagi jadi tiga wilayah, yaitu:

Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya
Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat
Wilayah III meliputi Jateng, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara

Jika Wira memiliki kendaraan type mobil di harga Rp300 juta (barisan 3) dan ada di Padang, Sumatera Barat (wilayah 1). Karenanya, premi asuransi kendaraan all risk yang penting dibayarkan adalah:

2,18% x Rp300.000.000 = Rp6.540.000

Dengan demikian, premi yang penting dibayarkan Wira untuk mendapat asuransi kendaraan all risk (comprehensif) adalah beberapa Rp6.540.000 /tahun.

Penghitungan Premi Perluasan Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan memiliki jaminan perluasan yang bisa membantu Anda mendapat pelindungan maksimal pada kendaraan. Type perluasan terdiri jadi tujuh, yaitu:

Banjir terhitung angin topan
Gempa bumi dan tsunami
Huru-hara dan kerusuhan (SRCC)
Terorisme dan sabotase
Tanggung-jawab hukum pada pihak ketiga
Kecelakaan diri untuk penumpang
Tanggung-jawab hukum pada penumpang

Contoh perhitungan

Wira yang memiliki mobil pada harga Rp300 juta dan ada tinggal di Padang (Wilayah 1) memutuskan untuk menggunakan asuransi kendaraan TLO plus tambahan perluasan meliputi banjir, gempa bumi, dan kerusuhan. Karenanya penghitungan premi dan perluasannya sebagai berikut:

Premi murni asuransi TLO :0,41%
Banjir :0,05%
Gempa bumi :0,085%
Kerusuhan :0,035%
Keseluruhnya :0,58%

Karenanya premi yang penting dibayarkan adalah:

Rp300 juta x 0,58% = Rp1.740.000

Karena itu premi yang penting dibayar Wira untuk asuransi kendaraan TLO dan perluasannya adalah Rp1.740,000.

Dari contoh di atas, kita bisa kenali bila dengan memiliki jaminan perluasan karenanya premi yang dijamin akan menjadi lebih besar. Tapi, ini sesuai jaminan yang dikasih.

Tutorial Tentukan Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik

Ada beberapa syarat saat tentukan asuransi kendaraan bermotor yang cocok untuk Anda, satu diantaranya:

Type asuransi yang berbagai

Perusahaan asuransi kendaraan bermotor yang bagus akan memberikan type pilihan yang berbagai, diawali dari type kendaraan seperti asuransi mobil dan motor sampai type jaminan yang dikasih antara all risk dan TLO.

Memiliki pilihan perluasan

Ada perluasan jaminan untuk pelindungan optimal, diawali dari perluasan atas banjir, gempa bumi, terorisme, kerusuhan, s/d tanggung-jawab pihak ketiga.

Servis nasabah yang lengkap

Servis yang dikasih harus memberikan kemudahan ke setiap nasabahnya, diawali dari program digital untuk melihat status polis, produk dapat didapat dengan cara online, perolehan bengkel rekanan yang menebar luas di semua Indonesia, hotline 24 jam, dan adanya Emergency Roadside Assistance (ERA).

Menjelaskan apa yang ditanggung dan dikecualikan

Perusahaan asuransi yang patut ditetapkan akan menjelaskan ke nasabah apa yang ditanggung dan dikecualikan pada polis. Dengan kenali secara jelas, karenanya nasabah akan pahami dan tidak tampil salah pengertian terkait type kerusakan apa yang dapat dikerjakan claim.

Premi yang serupa sama sesuai

Tetapkan premi sama sesuai kepentingan dan kondisi keuangan. Beberapa perusahaan asuransi peluang pasarkan premi yang besar tapi jika manfaat dan servis yang dikasih lebih berbagai, asuransi itu patut untuk diakui. Tapi tak berarti asuransi yang memiliki premi murah tidak bagus. Semestinya, lakukan ketidaksamaan terlebih dahulu untuk mendapat premi asuransi kendaraan yang cocok.

Info

Kendaraan sebagai alat transportasi yang memberi support kelancaran kegiatan tiap hari sampai kedatangan dan kondisinya harus dijaga dari resiko kerusakan atau kehilangan. Dengan sedikit menyisihkan uang premi, pemegang polis asuransi kendaraan bermotor dapat menghilangkan rasa cemas dan tidak ada rasa kuatir atas berjalannya rugi keuangan karena kerusakan atau kehilangan kendaraan.

Manfaat

Asuransi Kendaraan Bermotor memberikan jaminan tukar rugi ke Tertanggung pada rugi dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor atau keperluan lainnya ditaruhkan.

Jaminan Standar

Rugi atau kerusakan langsung dikarenakan oleh :

Tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok
Perlakuan jahat
Pencurian terhitung yang didahului atau diimbangi dengan kekerasan atau intimidasi kekerasan
Kebakaran yang karena sikatan petir, benda lainnya berdekatan, kerusakan alat yang digunakan untuk mematikan kebakaran, dan dimusanahkan semua atas perintah pihak berkuasa
Rugi atau kerusakan yang dikarenakan oleh peristiwa yang terjadi sejauh kendaraan bermotor yang didaftarkan berada di atas kapal penyebrangan.

Kondisi Pertanggungan)

Memberikan perlindungan komplet pada kerusakan dan/atau rugi pada kendaraan baik beberapa atau keseluruhnya sebagai mengakibatkan karena kecelakaan yang datang secara tiba-tiba dan tidak terdakwa. Terhitung musnahnya kendaraan atau bagian-bagiannya karena pencurian, remuk atau remuk karena terbakar.

Keseluruhnya Loss Only

Memberikan perlindungan tehadap rugi atau kerusakan keseluruhnya pada kendaraan sebagai mengakibatkan karena satu kecelakaan yang datang secara tidak terdakwa. Terhitung musnahnya kendaraan dengan detil karena pencurian, atau remuk atau remuk karena terbakar. Yang disimpulkan kerusakan keseluruhnya adalah bila biaya penyempurnaan raih 75% atau lebih dari harga kendaraan.

Masa Waktu Pertanggungan Asuransi

Pelindungan selama hidup itu jalan, terhitung sejak disepakatinya pertanggungan, waktu periode berdasarkan dimulai dan usainya satu kegiatan pada tanggal yang telah disepakati, maksimal 12 bulan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.