Asuransi Kendaraan Terbaik

Asuransi mobil adalah asuransi online yang memberikan tukar rugi jika kendaraan alami kerusakan mudah seperti lecet, penyok, sampai remuk keseluruhnya atau akut. Type asuransi mobil terdiri jadi dua, yaitu asuransi all risk (comprehensive) yang menanggung semua type kerusakan pada mobil. Ada juga asuransi mobil keseluruhnya loss only (TLO) yang hanya menanggung biaya kerusakan keseluruhnya saja.

Type Asuransi Mobil di Indonesia

Type asuransi mobil terbagi dalam asuransi mobil all risk (comprehensive) dan Keseluruhnya Loss Only (TLO). asuransi mobil all risk menanggung semua risiko, sementara asuransi mobil TLO hanya meng-cover kerusakan akut saja. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya, baik dari segi pertanggungan atau besaran premi.

Karena itu, semestinya imbangi dengan kepentingan dan type mobil. Misalnya saja, tentukan Asuransi Mobil KIA, Asuransi Mobil Nissan, Asuransi Mobil ACC, Asuransi Mobil BCA Insurance, dan lain sejenisnya.

Bicara permasalahan premi, biaya premi asuransi mobil disetarakan dengan type yang ditetapkan. Pada intinya rangenya diawali dari Rp600 beberapa ribu /tahun atau sekitar Rp50 beberapa ribu /bulan!

Agar tidak salah tetapkan, Anda harus kenali dulu beberapa macam asuransi kendaraan yang penting ditetapkan. Karena, premi bergantung pada type asuransi dan kondisi mobil yang dimiliki.

Contoh Polis Asuransi Mobil All Risk

Manfaat asuransi mobil all risk artinya type asuransi kendaraan yang akan terima semua type claim kerusakan mobil, dari kerusakan mudah sampai yang remuk akut. Asuransi mobil all risk yang bagus dan cocok untuk Anda yang baru membeli mobil agar saat alami lecet bisa langsung sampaikan claim.

Karena menanggung semua kerusakan, sudah pasti premi asuransi mobil all risk semakin lebih besar. Misalnya saja, besaran premi all risk insurance wilayah Jakarta adalah 3,26 % dari harga mobil. Persentase premi itu makin besar dibanding premi termahal asuransi kendaraan TLO yang berada di angka 0,78 % saja!

Contoh Polis Asuransi Mobil TLO

Manfaat asuransi mobil TLO memberikan jaminan atau biaya pertanggungan hanya jika mobil musnah karena pencurian atau terjadi kerusakan dengan nilai penyempurnaan sama atau lebih dari 75 % dari harga mobil di saat itu. Artinya, mobil harus benar-benar remuk keseluruhnya atau tidak bisa dipakai, baru Anda bisa sampaikan claim. Karena itu, bila mobil hanya lecet satu cm, jangan berharap claim akan disetujui.

Karena baru bisa sampaikan claim saat kendaraan remuk akut, karenanya besaran preminya tentu lebih mudah dibandingkan dengan premi asuransi mobil all risk. Bahkan, besarannya bisa 3x lipat lebih kecil dari premi asuransi mobil all risk. Untuk premi minimal wilayah Jakarta adalah 0,44 % dari harga mobil.

Asuransi Mobil Gabungan

Ada juga type asuransi kendaraan gabungan, antara all risk dan TLO, tetapi hanya bisa didapatkan saat kredit mobil. Cara kerjanya adalah pada tahun awalnya mobil akan ditanggung secara all risk, seterusnya di tahun seterusnya hanya asuransi mobil TLO saja.

Asuransi Mobil Perluasan (Rider)

Dari ketiga type asuransi mobil di atas, Anda dapat menambahkan jaminan perluasan asuransi kendaraan. Jaminan perluasan adalah manfaat/tambahan keuntungan selain pertanggungan karena kecelakaan atau musnah. Jaminan perluasan dengan premi tambahan:

Jaminan perluasan asuransi kendaraan banjir dan angin topan
Jaminan perluasan asuransi kendaraan gempa bumi dan tsunami
Jaminan perluasan asuransi kendaraan huru-hara atau kerusuhan
Jaminan perluasan asuransi kendaraan terorisme dan sabotase
Jaminan perluasan asuransi kendaraan tanggung-jawab hukum pihak ketiga (TPL)
Jaminan perluasan asuransi kendaraan kecelakaan diri penumpang
Jaminan perluasan asuransi kendaraan tanggung-jawab hukum pada penumpang

Asuransi Mobil Collision Coverage

Ini sebagai asuransi kendaraan yang diprioritaskan untuk menanggung biaya pengobatan karena tabrakan yang dikarenakan oleh pengemudi. Selain itu, asuransi kendaraan ini akan menanggung biaya kerusakan dan tukar rugi sama sesuai harga mobil yang nasabah punya.

Asuransi Mobil Liability Insurance

Asuransi mobil satu ini sebenarnya hampir serupa dengan Collision Coverage. Bedanya, asuransi Liability Insurance memberi jaminan tambahan berwujud biaya bill medis atau cedera yang dirasa oleh pemegang polis asuransi kendaraan.

Asuransi Mobil Individu Injury Protection

Asuransi Mobil Individu Injury Protection memberikan jaminan perlindungan untuk nasabah yang alami kecelakaan dalam diri kita saat berkendara. Tidak hanya itu, type asuransi mobil ini memberikan biaya tambahan sebagai tukar rugi atas peristiwa kecelakaan yang dirasa nasabah dan penumpangnya.

Asuransi Mobil All Risk atau TLO, Apa Bedanya?

Simpelnya, asuransi mobil all risk menanggung semua type kerusakan, baik kerusakan kecil atau keseluruhnya. Sementara, asuransi mobil TLO hanya menanggung kerusakan keseluruhnya saja atau biaya penyempurnaan mobil di atas 75 % dari harga mobil itu saat itu.

Asuransi untuk Mobil Tua, Bisakah?

Untuk Anda pemilik mobil berusia tua atau pengoleksi mobil unik pasti juga ingin memberikan pelindungan asuransi kendaraan yang lebih agar mobil itu tetap memiliki perform yang optimal dan bertahan lama. Lalu apa kita bisa sampaikan asuransi untuk mobil tua?

Sudah tentu bisa, tapi asuransi mobil tua atau mobil telah sisa memiliki ketentuan lainnya dibandingkan yang baru. Contoh, supaya bisa menggunakan asuransi all risk mobil telah sisa karenanya usia mobil maksimal 10 tahun dan beberapa perusahaan asuransi kendaran akan gunakan biaya tambahan untuk mobil tua.

Dan, pertanggungan asuransi mobil TLO sebagai yang terbaik untuk mobil tua umumnya dengan maksimal usia 10-20 tahun. Apa keuntungan asuransi mobil TLO untuk mobil tua atau mobil telah sisa?

Harga premi asuransi mobil TLO relatif murah
Penggantian tukar rugi pada risiko kehilangan biasanya lebih rendah 10% dari harga jual mobil
Penggantian tukar rugi pada risiko kecelakaan plus tambahan perluasan jaminan TJH, umumnya akan memberikan penggantian tukar rugi yang dirasa pihak ketiga yang alami rugi.
Jika terjadi kecelakaan dengan kerusakan di atas 75 % atau remuk akut sampai tidak dapat diperbaharui, karenanya perusahaan asuransi akan memberikan penggantian tukar rugi secara penuh

Seterusnya berkenaan asuransi untuk mobil tua

Secara umum, beberapa perusahaan asuransi mobil seperti Astra Asuransi Mobil Garda Oto, Allianz Asuransi, dan Adira Autocillin ditemui memberikan batasan usia pada kendaraan maksimal 8 tahun untuk mendapat manfaat all risk asuransi mobil telah sisa dan maksimal 15 tahun untuk manfaat TLO.

Argument pembatasan Asuransi Mobil All Risk Garda Oto itu dilandasi pada semakin tua usia mobil, karenanya suku cadangnya akan semakin jarang, seperti mobil BMW. Tentu saja yakinkan terdapatnya suku cadang penting untuk beberapa nasabah yang ingin mengatur mobilnya.

Harus dimengerti bila pembatasan usia ini diukur dari tahun jalan atau pembelian, tidak dari status mobil baru atau tersisa/seken.

Tetapi, ada juga perusahaan asuransi yang siapkan pertanggungan khusus mobil unik misalnya mobil Mercy, dengan usia lebih dari 40 Tahun dan syarat kondisi mobil dan aksesories sesuai sama bawaan awalannya.

Ada asuransi online yang menanggung mobil classic dengan usia antara 20 – 40 tahun, dengan syarat dapat mengalami penyempurnaan dan perawatan tetapi tidak menukar desain dan detil awalannya.

Biaya Premi Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Berbeda dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, harga premi asuransi mobil dibayarkan /tahun. Biaya asuransi mobil /tahun sekitaran diawali dari Rp385 beberapa ribu /tahun untuk polis asuransi mobil TLO dan Rp2,1 juta-an untuk harga asuransi all risk.

Perlu dipahami bila besaran premi atau harga asuransi kendaraan sudah diatur oleh Surat Dengan lebaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 berkenaan Penetapan Premi atau Kontribusi pada Baris Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017. Perlu dipahami bila rate asuransi mobil OJK 2022 belum alami perubahan dan masih sama dengan surat dengan lebaran 2017.

Leave a Comment

Your email address will not be published.