Asuransi Ramayana Terbaik

Asuransi Ramayana sebagai perusahaan asuransi yang berdiri semenjak tahun 1956 dan sudah mempunyai beragam tipe produk asuransi.

Sebutlah saja salah satunya asuransi kendaraan, asuransi pengiriman, asuransi syariah, asuransi uang, asuransi eksperimen dan lain-lain.

Saat sebelum mempunyai nama PT. Asuransi Ramayana ataupun lebih dikenali dengan Asuransi Ramayana, perusahaan ini sempat juga alami peralihan nama semenjak dibangun.

Perusahaan asuransi ini sebagai salah satunya perusahaan asuransi yang sudah melantai di bursa saham, hingga warga pada umumnya bisa juga melakukan investasi di perusahaan asuransi ini.

Saat sebelum memilih untuk beli produk asuransi dari PT. Asuransi Ramayana atau melakukan investasi pada sahamnya, yok kita berkenalan dahulu dengan riwayat dan beberapa produk dari PT. Asuransi Ramayana ini.

Sepintas mengenai PT Asuransi Ramayana

PT Asuransi Ramayana Tbk pertama kalinya dibangun pada 6 Agustus 1956 berdasarkan Akte Notaris Raden Meester Soewandi No.

14 bernama PT. Maskapal Asuransi Ramayana.

Pendirian perusahaan ini selanjutnya ditetapkan dengan Penentuan Menteri Kehakiman Republik Indonesia tanggal 15 September 1956 No. J.A.5/67/16.

Adapun arah dibangunnya perusahaan ini untuk memberi pelindungan pada barang yang di-import atau export NV. Agung yang saat itu ada di bawah pimpinan F.S. Harjadi dan R.G. Doeriat.

Lewat Akte Notaris Muhani Salim, SH No. 95 dan ditetapkan oleh Keputusan Menteri Kehakiman No. C.2.5040-HT01.04.TH 86 tanggal 19 Juli 1986, perusahaan yang awalnya namanya PT. Maskapal Asuransi Ramayana ini beralih menjadi PT. Asuransi Ramayana.

Sekitaran 4 tahun selanjutnya, persisnya pada 30 Januari 1990, perusahaan ini memperoleh surat Izin Emisi Saham dari Bapepam No. SI-078/SHM/MK.01/1990 buat dapat lakukan penawaran umum saham pada warga umum sekitar juta helai saham.

Masih pada tahun yang juga sama, PT Asuransi Ramayana memperoleh kesepakatan dari Bapepam No. 1638/PM/1990 tanggal 19 September 1990 agar bisa mencatat saham secara partial di Bursa Dampak Jakarta.

Baru pada tahun 2000 persisnya di tanggal 8 Desember perusahaan ini pada akhirnya dapat mencatat semua saham mereka di Bursa Dampak Jakarta dan Bursa Dampak Surabaya.

Berlalu satu tahun, PT. Asuransi Ramayana tanda-tangani Kesepakatan mengenai Registrasi Dampak memiliki sifat ekuitas di Kustodian Sentra Dampak Indonesia (KSEI) No. SP-108/PE/KSEI/2001 persisnya pada 10 Desember 2001.

Dengan kesepakatan ini terhitung semenjak 20 Februari 2002 semua perdagangan yang berada di bursa dampak akan dilaksanakan dengan service C-BEST atau The Central Depository and Book entry Settlement Sistem.

Produk Asuransi Ramayana

Asuransi Ramayana mempunyai beberapa macam produk asuransi yang dapat diputuskan sesuai keperluan nasabah, misalnya:

1. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan sebagai produk asuransi yang memberi pertanggungan pada kerusakan kendaraan yang disebabkan oleh kecelakaan, kehilangan, atau perampokan.

Kendaraan yang hendak memperoleh ganti kerugian ialah kendaraan yang dipertaruhkan dalam polis.

Untuk asuransi kendaraan sendiri PT Asuransi Ramayana mempunyai produk Otoransi dan Asuransi Alat Berat.

Kendaraan yang dapat dipertaruhkan lewat produk Otoransi salah satunya kendaraan motor tipe pengangkut penumpang seperti jeep, sedan van, minibus, wagon, bis, dan semacamnya dan kendaraan motor pengangkut barang misalkan pick up, truk, box dan semacamnya.

Dan untuk asuransi alat berat tipe kendaraan yang dapat dipertaruhkan misalkan forklift, grapple loader, dump truck, excavator, wheel loader, road roller, bulldozer dan semacamnya.

2. Asuransi Property

Asuransi property mempunyai tujuan untuk memberi faedah pelindungan atas rugi atau kerusakan pada asset atau harta benda yang dipunyai nasabah atas beragam risiko yang ditanggung dalam polis.

Ada tiga tipe produk yang dapat diputuskan untuk asuransi property ini, salah satunya Asuransi Gempa Bumi, Asuransi Kebakaran dan Ramayana Graha.

Asuransi Gempa Bumi memberi agunan pada harta benda pada rugi atau kerusakan yang disebabkan karena gempa bumi.

Ramayana Graha memberi pelindungan pada asset atas semua risiko kebakaran yang karena langsung oleh petir, kebakaran, keruntuhan pesawat terbang, asap dan ledakan.

Untuk Asuransi Kebakaran sendiri sebagai polis asuransi yang sesuai Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

Adapun rugi yang atau kerusakan yang dijamin ialah karena ada resiko yang ditanggung dalam dalam polis dengan peluasan agunan atas banjir, kekacauan, dan self combustion.

Sebagai object dalam produk asuransi property ini diantaranya perkantoran, gedung, rumah rumah, rumah sakit, hotel, pabrik, stok, mesin dan beragam asset yang lain.

3. Asuransi Kesehatan

Produk asuransi kesehatan dari Asuransi Ramayana mempunyai tujuan untuk memberi agunan berbentuk ongkos kesehatan pada nasabah sesuai apa yang telah ada pada polis atau kontrak.

Produk asuransi ini bisa juga diberi pada pegawai satu perusahaan terhitung istri atau suami dan anak dari pegawai pemegang polis itu.

Adapun sistem agunan yang dijajakan diantaranya Indemnity Inner Limit, Managed Care, dan Indemnity as Charges.

Pemberian agunan servis kesehatan secara mendalam mencakup agunan dasar rawat inap, agunan tambahan rawat jalan, kacamata, perawatan gigi, MCU (medical cek up) dan persalinan.

4. Asuransi Kerangka Kapal

Asuransi kerangka kapal mempunyai tujuan untuk memberi agunan pelindungan atas kapal yang dipertaruhkan saat kapal itu sedang dioperasionalkan.

Adapun tipe kapal yang dapat dipertaruhkan misalkan kapal penumpang, tug boat, kapal ekspedisi, tongkang, kapal tanker, dan tipe kapal yang lain.

Nach, selainnya beberapa macam kapal yang telah disebut barusan Asuransi Kerangka Kapal ini bisa juga jamin risiko pada pesawat terbang, pesawat ekspedisi, helikopter dan semacamnya.

5. Asuransi Pengiriman

Produk Asuransi Pengiriman ini memberi faedah pelindungan pada barang sepanjang proses pengangkutan atau pengiriman, baik lewat darat, laut atau udara.

Beberapa risiko yang ditanggung misalkan kerusakan yang terjadi karena berlangsungnya gempa bumi, terguling, tubrukan, terbenam, karam, keluar rel dan lain-lain.

Adapun tipe barang yang bisa dipertaruhkan ialah beragam barang dengan wujud cair, gas atau padat yang diangkut dalam container atau non container.

6. Asuransi Penjaminan

Asuransi Penjaminan atau Bonding sebagai salah satunya tipe asuransi yang mengikutsertakan tiga faksi.

Faksi pertama umumnya dikenali dengan istilah Surety, yakni faksi asuransi yang hendak memberi agunan sama sesuai permintaan faksi ke-2 yang selanjutnya kerap dikenali dengan Principal.

Principal ini terlilit untuk penuhi kewajiban tertentu yang sudah disepakati bersama faksi ke-3 atau yang kerap disebutkan dengan Obligee.

Isi kesepakatan ialah menyetujui jika Principal tidak berhasil atau wanprestasi dalam pemenuhan kewajiban pada Obligee, karena itu faksi Surety akan gantikan ongkos itu.

Lalu, siapa sich yang biasanya memakai produk asuransi ini? Asuransi Penjaminan biasanya dibutuhkan oleh tubuh usaha yang mempunyai insurable interest sebagai eksekutor atau yang menerima sarana dari Obligee, misalkan saja vendor, kontraktor, produsen exportir dan importir.

7. Asuransi Eksperimen

Asuransi Eksperimen sebagai tipe asuransi yang dapat memberi agunan faedah pelindungan pada risiko berlangsungnya kerusakan atau rugi atas satu project bangunan, mesin selama saat konstruksi, pengetesan, perawatan dan rugi yang disebabkan karena tanggung-jawab hukum dari faksi ke-3 .

Asuransi Eksperimen ini mempunyai beberapa produk, salah satunya Elektronik Equipment Insurance, Construction All Risk, Contractor Plant dan Machinery / Equipment, Erection All Risk, Machinery Breakdown, dan Civil Engineering Completed Risk.

8. Asuransi Uang

Uang sebagai salah satunya tipe harta yang bisa juga dipertaruhkan lewat Asuransi Uang dari Asuransi Ramayana.

Produk asuransi ini memberi agunan pada risiko kehilangan uang yang diletakkan di area untuk menyimpan atau di kotak kasir.

Untuk asuransi pengangkutan uang asuransi memberi agunan pada risiko kehilangan uang sepanjang proses pengangkutan yang disebabkan karena argumen yang ada dalam polis.

9. Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan Diri memberi agunan atas risiko kematian, ongkos perawatan, cacat masih tetap, dan penyembuhan yang langsung disebabkan karena virus atau kuman penyakit (baik karena tidak menyengaja atau karena kecelakaan), keracunan karena terisap gas beracun, terbenam karena kecelakaan, dan kompleksitas.

Luas agunan yang diberi diantaranya:

Kematian (Agunan A), akan diberi jika tertanggung wafat alam batasan waktu 12 bulan semenjak berlangsungnya kecelakaan, atau juga bisa lenyap dan tidak diketemukan dalam periode waktu 60 hari semenjak kecelakaan terjadi.
Cacat masih tetap (Agunan B), akan diberi saat tertanggung alami cacat tetap yang disebut karena langsung dari kecelakaan, dapat terbagi dalam cacat masih tetap keseluruhnya dan beberapa.
Agunan ongkos perawatan atau penyembuhan (Agunan C).

Langkah claim Asuransi Ramayana

Langkah claim Asuransi Ramayana bisa saja berlainan bergantung pada tipe asuransi yang hendak di-claim dan lokasi. Nach, untuk memperjelasnya coba baca keterangan ini.

1. Langkah claim asuransi kendaraan di Jakarta

Adapun langkah claim untuk asuransi kendaraan untuk nasabah yang berada di tempat Jakarta ialah:

Tiba ke kantor pusat PT, Asuransi Ramayana yang beralamat di Komplek Serasi Plaza Block A/11, Jl. Suryopranoto No. 2 – 4, Jakarta 10130
Lakukan laporan claim tidak lebih dari 3×24 jam semenjak berlangsungnya kecelakaan
Mempersiapkan document berbentuk:

Polis
Foto copy KTP
Foto copy SIM
Foto copy STNK
Surat info dari faksi berwajib (bila mengikutsertakan faksi ke-3 atau laporan kehilangan)

2. Langkah claim Asuransi Ramayana selainnya asuransi kendaraan

Untuk claim asuransi selainnya asuransi kendaraan motor, karena itu proses claim ialah seperti berikut:

Lakukan laporan awalnya dengan mengontak Kantor Cabang atau Kantor Perwakilan Asuransi Ramayana di mana polis diedarkan
Selekasnya lakukan laporan claim sesudah peristiwa, janganlah lupa untuk memeriksa periode waktu laporan claim di polis
Menyiapkan document claim yang dibutuhkan

Leave a Comment

Your email address will not be published.