Begini Cara Klaim Asuransi Tokopedia

Begini Cara Klaim Asuransi Tokopedia Asuransi Tokopedia dapat bisa Anda dapatkan apabila terjadi kerusakan maupun kehilangan pada barang yang sudah dipesan dan dibayarkan. Asuransi ini dapat memberikan proteksi lebih pada barang yang Anda pesan. Berikut ini merupakan cara klaim asuransi Tokopedia yang dapat Anda coba.

Seputar Asuransi Tokopedia

Tokopedia merupakan marketplace  buatan anak bangsa yang tak hanya berpengaruh di Indonesia saja, melainkan berpengaruh hingga Asia Tenggara. Sebagai platform untuk melakukan jual beli, Tokopedia pun berusaha secara maksimal memberikan kenyamanan pada penggunanya.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan fitur “Asuransi”. Fitur ini dihadirkan untuk memberikan rasa aman kepada para pengguna, sehingga yakin untuk melakukan transaksi di Tokopedia.

Asuransi Online Tokopedia merupakan upaya perlindungan barang selama proses pengantaran, atau pada saat barang di ekspedisi. Asuransi ini merupakan buah dari kerjasama antara Tokopedia dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.

Asuransi merupakan salah satu bentuk lain dari pertanggungjawaban. Pertanggungjawaban tersebut didasari atas kesepakatan kerjasama antara dua belah pihak, yaitu pihak yang memberikan jaminan dengan pihak yang membayar iuran.

Dalam aspek “Asuransi Tokopedia”, pihak yang memberikan jaminan adalah PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia. Sementara itu, pihak yang wajib membayar iuran asuransi adalah Tokopedia sebagai penyedia layanan.

  1. Asuransi Tokio Marine Indonesia merupakan penyedia jasa asuransi yang cukup ternama di Indonesia. Oleh karena itu, status dan kinerja dari perusahaan asuransi ini tak perlu diragukan lagi.

Asuransi ini berfungsi sebagai upaya ganti rugi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan pada barang yang dipesan di Tokopedia. Cara klaim asuransi Tokopedia hanya dapat diproses apabila status pesanan Anda jelas.

Jika sebelumnya tidak menggunakan asuransi Tokopedia pada saat pengantaran barang, dan kemudian terjadi peristiwa rusak atau hilangnya barang di ekspedisi, maka Anda tak perlu khawatir. Pengembalian barang tetap dapat Anda diajukan, tapi  hanya berlaku bagi beberapa barang saja.

Syarat dan Ketentuan Klaim Asuransi Tokopedia

Sebelum Anda melakukan klaim pada Asuransi Tokopedia, sebaiknya baca, simak, dan pahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlakunya.

Syarat dan ketentuan yang pertama, pastikan lakukan klaim pada 2×24 jam pertama saat status pengiriman masih belum berubah. Apabila status pengajuan dilakukan menjadi “Pesanan Sudah Selesai” maka pengajuan Anda ditolak.

Anda juga perlu mengetahui mitra apa saja yang berafiliasi dengan Tokopedia. Untuk ketentuan lainnya yang perlu diperhatikan adalah, asuransi juga tidak dapat diajukan untuk produk makanan, minuman, obat, dan kosmetik yang belum ber-BPOM.

Cara Klaim Asuransi Tokopedia

Cara klaim asuransi Tokopedia yang pertama adalah mengklik menu “Keuangan” di aplikasi Tokopedia. Pada halaman itu, klik opsi “Klaim Asuransi”, kemudian pilihlah kategori asuransi yang ingin diajukan.

Berikutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data diri. Isilah dengan data yang benar dan lengkap. Setelah itu, pastikan Anda juga mencentang syarat dan ketentuan asuransi tersebut. Kemudian, secara otomatis ajuan akan dikirimkan ke laman mitra asuransi yaitu PT. Asuransi Toko Marine Indonesia.

Apabila telah disetujui, status klaim asuransi menjadi “Verifikasi Dokumen”. Tunggulah hingga status berubah menjadi “Dicairkan”. Dana pun akan secara otomatis masuk ke menu “Penghasilan” milik penjual. Setelah itu, Anda sebagai pembeli berhak meminta uang ganti senilai yang telah dibayarkan.

Kondisi Barang Rusak

Barang yang dapat ditanggung oleh asuransi adalah barang yang secara fisik rusak keseluruhan akibat pengiriman.

Pada pengiriman konvensional, nominal penggantian adalah senilai dengan harga barang yang rusak, serta ongkos kirim sesuai berat barang apabila direturn. Pada pengiriman Instant, pergantiannya seharga barang yang rusak serta ongkos retur. Keduanya tidak termasuk biaya layanan asuransi.

Jika bukti menunjukkan kerusakan akibat pengiriman, pembeli atau penjual dapat segera mengajukan klaim dengan melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Proses verifikasi akan dilakukan 1×24 jam kerja.

Apabila terklaim, biaya layanan asuransi tidak dapat dikembalikan. Bagi barang rusak bernilai Rp. 1.000.000,- atau lebih, kategori elektronik, dan masih memiliki nilai jual, maka pembeli atau penjual wajib menyerahkan barang ke pihak asuransi yaitu PT. Asuransi Toko Marine Indonesia.

Batas waktu pengembalian 3×24 jam kerja sejak klaim disetujui. Biaya pengembalian ditanggung oleh sistem reimburse Tokopedia, dengan menyerahkan bukti fisik foto resi kepada pihak Tokopedia. Apabila bukti foto resi tidak dikirimkan maka ongkos kirim tidak akan ditanggung pihak Tokopedia.

Pengiriman harus menggunakan layanan konvensional dan tidak berlaku DFOD (Delivery Fee on Delivery) ataupun instant kurir. Tambahan biaya packing kayu bukan tanggung jawab pihak asuransi ataupun tokopedia. Setelah ketentuan ini dipastikan, cara klaim asuransi Tokopedia bisa diterapkan.

Kondisi Barang Hilang

Ada ketentuan lain saat status pesanan menunjukkan “Fake Delivery”, kondisi dimana keterangan pengiriman “Telah Sampai” akan tetapi pembeli belum menerima barang. Dalam kasus ini pihak tokopedia membutuhkan waktu 3-14 hari untuk mengkonfirmasi kepada pihak ekspedisi.

Jika status pesanan tak kunjung berubah, pihak tokopedia membutuhkan waktu 1-7 hari jam kerja untuk mengkonfirmasi kepada pihak ekspedisi.

Selanjutnya, bila pihak Tokopedia telah memperoleh konfirmasi bahwa “Barang Hilang”, diperlukan BAP kehilangan dari pihak ekspedisi. Pembuatan BAP membutuhkan waktu 3×24  jam hari kerja.

Setelah keseluruhan dokumen dilengkapi oleh pembeli, penjual, atau pihak ekspedisi, dokumen berikutnya akan diserahkan pada pihak asuransi yaitu PT. Asuransi Toko Marine Indonesia. Verifikasi dibutuhkan waktu 1×24 jam kerja.

Jika status kehilangan barang telah dikonfirmasi, nominal yang digantikan adalah sejumlah harga barang dan ongkos kirim tak termasuk biaya layanan asuransi. Setelah Anda memahami ketentuan ini, silahkan terapkan cara klaim asuransi Tokopedia untuk barang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *