Cara Mengemudi Mobil Manual Mudah Mendasar

mobil manual
image source : oto.detik.com

Cara mengemudi Mobil Menjadi hal dasar yang perlu  menjadi perhatian dan ilmu untuk mempraktekkannya. Sebuah kendaraan yang paling umum mendominasi jalanan ini tak lagi menjadi pilihan namun juga suatu keharusan. Mengingat banyak aktivitas mobil yang menuntut banyak pihak aktif. Baca Juga Honda City vs Honda Jazz

Cara Mengemudi Mobil Tahap Demi Tahap

Mengoperasikan suatu unit yang cukup besar dengan pola kendali khusus tentu menjadi hal baru bagi setiap pembelajar. Meski demikian mengemudikan mobil bukan suatu perkara sulit, siapapun dapat menerapkannya asalkan mengetahui beberapa cara di bawah ini.

  1. Mengenali Fitur Mobil

Hal mendasar yang perlu mendapat perhatian utama adalah pengenalan masing-masing fitur mobil. Hal ini membantu pengendara menyebutkan serta memahami nama-nama dari setiap detail yang perlu mendapat sentuhannya selama berkendara.

Selain mengenal Anda juga wajib menghafal terutama pada bagian pokok seperti pedal gas, rem, kopling dan beberapa tuas lain yang menjadi wewenang pengemudi. Tak cukup demikian namun seorang pengemudi wajib memahami letak-letak dari masing-masing fitur.

  1. Duduk Dengan Posisi Nyaman

Kegiatan duduk adalah hal yang sangat mudah namun pada penerapannya penting untuk memahami memposisikan tubuh di kursi pengemudi tepat. Dalam artian seseorang benar-benar merasa nyaman serta memiliki akses yang baik terhadap pedal dan komponen lain.

Anda juga wajib membiasakan diri untuk langsung mengenakan sabuk pengaman begitu masuk dan duduk pada kendaraan. Manfaat dari posisi duduk yang nyaman adalah terciptanya konsentrasi yang baik harga lebih tenang dan siap untuk mulai belajar mengemudi.

  1. Mulai Menghidupkan Mesin

Dalam hal ini fase menghidupkan mesin yakni pada jenis mobil manual. Hal pertama adalah dengan memindahkan tuas persneling pada posisi netral. Tuas pengatur ini juga dapat bergerak ke arah kanan, kiri, depan dan belakang. Akan tetapi tetap perlu mewaspadai pengaturan berdasarkan kebutuhan.

TRENDING:  Honda Civic Tipe R: Review dan Ulasan Menarik Lainnya

Kemudian lakukan starter pada kunci mobil sambil menginjak pedal kopling. Jika mesin sudah menyala maka lepaskan kopling secara perlahan. Hal ini bertujuan agar mobil tidak melompat saat mulai menyalakan mesin.

  1. Menjalankan Mobil dengan Ekstra Hati-Hati

Agar muat mobil mulai berjalan maka anda perlu memasukkan persneling pada gigi 1. Setelah itu lepaskan kopling secara perlahan sambil menginjak gas sedikit demi sedikit. Hal ini bertujuan agar Laju kendaraan tetap stabil dan tidak terlalu kencang.

Anda juga perlu mengetahui waktu penggantian gigi apabila telah masuk pada kecepatan dan suara mesin tertentu. Namun umumnya bagi pemula pemindahan gigi hanya jika pengemudi telah menguasai cara starter dan menghidupkan mobil pada awal menjalankannya.

  1. Menaikkan Gigi

Melakukan pemindahan terhadap gigi yang lebih tinggi dapat menjadi keputusan jika mesin terasa membutuhkan tenaga lebih besar. Dapat terlihat dengan perkiraan RPM antara 2.500 hingga 3.000. Adapun caranya dengan mengangkat pedal gas lalu menekan kopling dan memindahkan persneling. Setelah itu lanjutkan dengan melepas kopling serta menginjak secara perlahan. Namun tetap pastikan Anda melepas secara perlahan-lahan. Kemudian pastikan kedua tangan kembali pada setir mobil.

  1. Menurunkan Gigi

Berbalik dari kegiatan menaikkan gigi, pada tindakan menurunkan anda perlu berada pada kecepatan yang lebih rendah. Pada saat kecepatan mobil mulai berkurang dan terasa mesin bergetar maka kurangi gigi dengan cara melepas dan menekan kopling serta mengganti persneling.

Setelah masuk pada gigi yang lebih kecil maka lepaskan kopling dan injak kembali gas secara perlahan serta sesuai kecepatan mobil. Pelatihan ini masih terbatas terhadap cara memarkir dan menyesuaikan arena. Namun dapat menjadi keterampilan dasar untuk berkendara.

Demikian informasi tentang cara mengemudi mobil yang perlu mendapat perhatian ekstra, terlebih saat mencoba untuk pertama kalinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

TRENDING:  Tips dan Trik iPhone X Yang Belum kamu ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *