5 Risiko Investasi Emas Yang Banyak Belum Diketahui. Salah Hari Bisa Kalah
5 Risiko Investasi Emas Yang Banyak Belum Diketahui. Salah Hari Bisa Kalah

5 Risiko Investasi Emas Yang Banyak Belum Diketahui. Salah Hari Bisa Kalah

Banyak yang bilang, investasi emas adalah salah satu aset dan investasi yang paling stabil. Mudah untuk mengatakan, tidak akan rugi bahkan jika negara menghadapi krisis mata uang.

Tapi, apakah itu benar?

Dalam setiap jenis investasi, terlepas dari investasi saham, real estate atau unit trust, tentu ada risikonya dan tidak terkecuali investasi emas.

Berikut beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas.

1. Tidak Cocok Untuk Investasi Jangka Pendek

Berdasarkan statistik, secara umum nilai emas dipandang berpotensi naik dari tahun ke tahun. Namun perlu kita pahami bahwa emas paling ideal jika digunakan sebagai tabungan dan bukan investasi, kecuali untuk investasi jangka panjang (minimal 2 sampai 5 tahun).

Gampang dikatakan, kita bisa membeli emas jika kita memiliki uang lebih banyak (yang tidak akan digunakan dalam waktu dekat) dan ingin uang kita ‘aman’ untuk waktu yang lama. Pasalnya, nilai emas masih mengalami pasang surut akibat supply and demand, apalagi untuk jangka pendek.

Satu hal lagi, meskipun harga emas perhiasan lebih tinggi dari emas investasi (koin emas batangan, emas batangan, wafer, dll), emas perhiasan rentan mengalami depresiasi sekitar 25%. Perhiasan ini juga biasanya terbuat dari emas 916 (91,6% murni) dibandingkan dengan emas investasi yang terbuat dari emas murni (999,9). Selanjutnya, biaya upahnya juga dapat dimanipulasi oleh tukang emas.

2. Perlu Menemukan Penjual & Pembeli yang Tepat

Berbeda dengan mata uang, emas bersifat universal karena dapat dijual di toko emas mana pun di seluruh dunia kapan saja.

TRENDING:  Make Money Online Mencari Uang Di Internet Dengan Mudah

Ada beberapa tempat kita bisa membeli emas seperti :

Toko Emas – jika dibeli dengan harga eceran, biasanya harganya cukup tinggi. Jadi ada baiknya mengetahui harga grosir dan melakukan survey untuk mendapatkan harga terbaik. Kalau mau beli di toko kecil bisa, tapi ada resiko emas palsu atau bukan asli.
Internet-perlu hati-hati karena bisa jadi ada unsur syubhah di sana ketika ada keterlambatan penyerahan emas.
Bank – ada bank syariah yang menjual emas fisik. Emas di atas kertas (buku pas emas) biasanya tidak sesuai syariah.

Hanya di sini kita dapat melihat bahwa diperlukan pengetahuan untuk memastikan bahwa sumber emas itu benar-benar asli agar tidak dipermasalahkan ketika mencoba untuk menjualnya kembali nanti. Selain itu, penting bagi Anda untuk memahami syarat nilai jual atau beli kembali yang baik yaitu depresiasi yang dikenakan oleh produsen/ penjual emas.

3. Perlu Penyimpanan

Jika ada sedikit emas, kita bisa menyimpannya di lemari atau di ‘tempat rahasia’ di rumah. Tapi, jika sudah meningkat banyak, kita pasti merasa tidak nyaman duduk. Ingin meninggalkan emas di rumah selama 2-3 hari, kami mulai gelisah.

Jadi, jangan lupakan beberapa biaya tambahan yang juga ikut terlibat dalam berinvestasi emas seperti asuransi, sewa safe deposit box, atau brankas lainnya. Ini semua mahal juga.

4. Terlibat Dengan Penipuan

Tidak dapat dipungkiri, dalam booming teknologi ini semakin banyak peluang scammer untuk menemukan korban penipuan yang menyamar sebagai bisnis/investasi emas. Bahkan ada juga yang menggunakan hadits lemah (dhoif) atau hadits palsu sebagai dalil untuk menjual bisnis emasnya.

Terlepas dari itu, sebagai pembeli, kita perlu memahami bahwa emas perlu diperdagangkan secara fisik dan keuntungannya diperoleh melalui kenaikan harga emas saat ini. Ini bukan skema investasi yang menjanjikan pengembalian tetap selama periode waktu bulanan atau tahunan karena ini dianggap sebagai salah satu elemen riba’. Banyak perusahaan yang menawarkan skema tersebut telah digerebek oleh Bank Negara Malaysia atau melarikan diri.

TRENDING:  Jos Gandos, Mulai Tahun Depan Gaji Pokok TKI di Negara Iini Bakal Naik Lagi, Berikut Detailnya

Ambil pelajaran dari kasus Tok Belagak dengan penipuan ETA Gold. Skema lain yang masih bebas untuk beroperasi dengan cara ini adalah Zenith Gold.

5. Unsur Riba’

Terakhir, emas merupakan barang riba, sehingga syarat jual belinya sangat ketat sehingga tidak termasuk dalam hukum riba. Perdagangan dan investasi emas sangat rentan terhadap unsur riba’ jika penjual dan pembeli sendiri tidak waspada terhadap pedoman yang ditetapkan oleh Islam.

Diantara mereka:

Menyerah dan menerima dalam satu waktu (Taqabud) – Pastikan bahwa ada pertukaran segera pengiriman dan pembayaran. Menurut Muzakarah Majlis Fatwa Kebangsaan, penyerahan sertifikat hak milik emas sebagai tanda pembeli dan pembukaan rekening yang sah adalah sah dan harus di sisi Islam. Namun, dengan ketentuan bahwa sertifikat atau bukti pembelian dapat diubah menjadi emas fisik pada waktu yang diinginkan.
Tidak ada penangguhan – Pembayaran yang terlibat dalam transaksi ini adalah wajib menggunakan uang tunai, kartu debit / kredit, cek lokal. Tidak bisa dicicil atau hutang.
Tidak ada unsur riba – Jika kita ingin melakukan investasi berupa rekening investasi emas, ada baiknya

ada jaminan atau pengesahan yang diakui oleh Dewan Syariah tertentu. Segala bentuk hadiah, dividen, atau manfaat tidak diperbolehkan oleh syariah. Selain itu, emas juga perlu dizakati jika ada waktu/haul yang cukup.

Kesimpulan

Pada dasarnya, emas menawarkan salah satu alternatif investasi yang paling menguntungkan. Tapi, kita perlu memiliki pengetahuan. Tidak ada kekayaan yang datang begitu saja tanpa usaha, bukan?

Jumlah ideal untuk berinvestasi dalam emas adalah 20% dari surplus. Tidak semua orang berinvestasi dekat dengan emas, khawatir akan sulit mengeluarkan uang – Pahami, emas perlu dicairkan terlebih dahulu.

TRENDING:  7 jenis investasi berisiko rendah dan berpotensi tinggi menghasilkan banyak keuntungan

Kesimpulannya, diversifikasi.

Diversifikasi sumber investasi Anda dalam berbagai bentuk sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *