Contoh Polis Asuransi di Indonesia

Ada banyak istilah yang berkaitan erat dengan asuransi. Saat memulai asuransi, satu diantaranya istilah yang akan sering kamu dengar adalah polis asuransi.

Lalu, apa itu polis asuransi? Ketahui pengertiannya, peran, contoh, dan banyak hal lain sekitaran polis yang perlu kamu kenali di sini.

Pengetahuan polis asuransi

Pengetahuan polis asuransi adalah persetujuan asuransi antara penanggung (perusahaan asuransi) dan tertanggung (nasabah asuransi). Polis asuransi berisi persetujuan perubahan risiko, syarat, dan kesetiaan ke-2 faksi.

Karena itu, penting untuk nasabah asuransi atau pembayar premi asuransi untuk kenali isi yang termuat dalam dokumen polis asuransi.

Dokumen terdaftar berikut yang hendak jadi dasar saat nasabah ingin mendapat hak pertanggungan atau tukar rugi dari asuransi.

Sebaliknya, polis memberikan perlindungan pada perusahaan asuransi jika nasabah asuransi menuntut hak di luar kontrak persetujuan yang telah disepakati.

Sebagai contoh, dalam dokumen polis asuransi dikasih informasi bermacam tipe penyakit kronis yang ditanggung.

Untuk nasabah yang divonis dokter menanggung derita satu diantaranya penyakit kronis yang disimpulkan, karenanya perusahaan atau pihak pemasok asuransi kesehatan harus bayar claim ke nasabah itu.

Begitu juga sebaliknya, saat nasabah menuntut claim atas type penyakit yang tidak terhitung dalam persetujuan.

Perusahaan asuransi tidak harus memberikan pertanggungan atau tukar rugi seperti pada polis, tidak disebutkan pertanggungan penyakit yang disimpulkan.
Pelindungan keuangan dari asuransi jiwa akan memberi keluarga dan ahli waris pertanggungan berwujud santunan tunai andaikan tertanggung kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau meninggal dunia.

Peran polis asuransi

Polis jadi bukti kerja sama dari pemegang polis atau perusahaan yang berisi hak dan kewajiban pihak masing-masing. Bagus untuk nasabah, peran polis asuransi adalah sebagai berikut.
Kenali hak dan kewajiban pengguna asuransi

Pemegang polis memiliki kewajiban bayar premi. Disana, dia memiliki hak untuk sampaikan claim sama sesuai kesepakatan terdaftar di dalamnya.

Polis biasanya memang berwujud buku yang cukup tebal. Sayang, ada beberapa yang tidak dalami buku polis asuransi.

Walaupun sebetulnya dari buku itu bisa ditemui apa hak dan kewajiban yang akan diterima oleh kamu.

Kenali nilai pengurangan jika ada

Pemegang polis juga bisa kenali beberapa poin khusus. Misalnya, ada nilai pengurangan dalam asuransi kendaraan bermotor. Seterusnya, dalam contoh polis asuransi kesehatan, ada istilah excess atau berbeda nominal.

Proses itu sudah diatur dalam polis tidak perlu bertanya ke agen atau cari informasi di luar.
Ketahui skema premi

Semua rugi yang terjadi, besar atau kecil diatur dalam polis. Pemegang polis memiliki kesempatan untuk dalami atau bahkan menolaknya jika tidak sesuai dengan skema premi yang dibayarkan.

Jaminan untuk ke-2 faksi

Peran asuransi ini termasuk jaminan untuk ke-2 faksi, baik untuk pemegang polis atau pihak perusahaan.

Rugi yang disebabkan, tapi tidak diatur dalam polis jadi tanggung-jawab pribadi pemegang polis.

Type polis asuransi

Polis asuransi terdiri dari beberapa jenis samakan dengan beberapa macam asuransi, yaitu:

Polis asuransi mobil

Dalam persetujuan ini, perusahaan asuransi mobil sebagai penanggung akan menanggung rugi yang terjadi pada kendaraan punyai tertanggung.

Polis asuransi perjalanan (voyage policy)

Persetujuan pertanggungan risiko tertanggung oleh perusahaan sejauh ada dalam perjalanan.

Masa asuransi perjalanan ini tidak berdasarkan waktu tertentu, tapi berdasarkan berapakah lama nasabah kerjakan perjalanan. Karena itu, nasabah akan dilindungi sejak pergi sampai pulang dari perjalanan itu.

Polis asuransi kesehatan

Kontrak yang berisi jaminan perusahaan untuk menanggung bujet perawatan medis tertanggung jika alami sakit atau kecelakaan.

Biasanya ada dua tipe perawatan yang ditanggung asuransi kesehatan, yakni rawat inap dan rawat jalan.

Polis asuransi jiwa

Polis asuransi jiwa adalah polis khusus produk pelindungan pada jiwa. Dalam polis asuransi jiwa ini, perusahaan akan hitung nilai jiwa satu nasabahnya dengan nominal uang pertanggungan.

Seterusnya uang pertanggungan asuransi jiwa itu bisa diberi ke ahli waris bila nasabahnya meninggal dunia. Dokumen ini menjadi syarat ahli waris untuk kerjakan claim.

Polis asuransi rumah

Dokumen yang mengatur bagaimana asuransi menanggung risiko rugi bila rumah tertanggung dan di dalamnya alami kerusakan.

Polis ditaksir (valued policy)

Persetujuan pertanggungan risiko dengan nominal yang sudah ditaksir awalannya.

Polis tidak ditaksir (unvalued policy)

Dalam persetujuan ini, nilai pertanggungan yang tertera dalam polis hanya digunakan sebagai batas maksimal atau unit tertentu dalam tetapkan nominal claim yang akan dikasih kelak.

Polis risiko perang

Dokumen yang jamin risiko tertanggung yang berada di wilayah perang.

Polis veem

Persetujuan yang mana asuransi akan menanggung risiko kerusakan/kehilangan barang punyai tertanggung yang ditempatkan dalam gudang.
Pelindungan keuangan dari asuransi jiwa akan memberi keluarga dan ahli waris pertanggungan berwujud santunan tunai andaikan tertanggung kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau meninggal dunia.
Isi polis asuransi

Polis asuransi berisi beberapa point utama yang perlu dimengerti nasabah asuransi sebagai tertanggung yang terima manfaat sekaligus pembayar premi.

Hak pelajari polis

Perusahaan asuransi akan memberikan kamu waktu buat dalami polis asuransi jiwa atau asuransi lainnya, yaitu 14 hari sejak tanggal terbitnya. Pakai masa ini untuk benar-benar ketahui syarat dan ketentuan.

Data pemegang polis dan tertanggung
Kamu harus yakinkan bila data yang tercantum benar dan sama sesuai dokumen syah kamu ya! Permasalahannya bila sampai salah, bisa saja nantinya ada persoalan saat sampaikan claim.

Manfaat asuransi

Manfaat asuransi biasanya terdiri dari:

Uang pertanggungan yang hendak kamu terima.
Masa pertanggungan, yaitu sampai kapan asuransi akan membuat pelindungan tertanggung.
Jatah kamar dan limit claim untuk tertanggung asuransi kesehatan.
Manfaat asuransi tambahan atau
Cara sampaikan claim.

Pengecualian

Pengecualian adalah hal yang bisa menyebabkan claim tertanggung ditolak. Ketentuan ini sudah pasti berbeda tiap type polis asuransi.

Umumnya, penyebab rugi yang karena kita dan bencana alam yang masuk ke barisan ini.

Ketentuan premi asuransi

Ketentuan premi berisi pemerincian premi asuransi yang penting kamu bayar untuk mendapat manfaat dalam polis.

Potongan biaya
Biaya ini akan turunkan manfaat yang kamu terima. Karena itu, uang premi asuransi kamu akan dipotong untuk bayar beberapa ongkos itu.

Permasalahan uang pertanggungan asuransi, supaya kamu ada deskripsi, coba hitung dengan kalkulator uang pertanggungan berikut untuk kenali besaran pertanggungan asuransi jiwa.

Asuransi jiwa unit link adalah asuransi yang memberi manfaat perlindungan dengan premi rendah sekaligus investasi. Type asuransi ini memberikan manfaat perlindungan asuransi kematian dan investasi sekaligus.

Sebelum membeli unit link, kita harus ketahui produk itu. Karena itu, sangat baik untuk dalami proposal penawaran yang diberikan oleh agen dan ketahui hal berkenaan pengecualian.

Agar lebih ketahui berkenaan produk ini, kenali isi polis unit link. Berikut deskripsi isi atau contoh asuransi jiwa unit link.

Identitas polis
Terdiri dari nomor polis, nama pemegang polis, kolom tanda-tangan direksi, ketentuan free look provision, sampai QR kode.

Data polis
Terbagi dalam:

Nomor induk kependudukan
Alamat pemegang polis
Tipe asuransi
Uang asuransi
Masa asuransi
Valuta
Premi
Nomor host to host
Luar biasa up periodik
Cara bayar premi

Ketentuan-ketentuan khusus
Segi yang tidak dipisah dari polis dan berlaku untuk pemegang polis dan penanggung. Biasanya diatur secara terbatas syarat dan ketentuan.

Syarat umum polis
Beberapa ketentuan yang ditetapkan perusahaan asuransi. Diawali dari data diri, kewajiban dari pemegang polis, dan hak yang bisa didapat pemegang polis.

Syarat yang disebarkan polis punya niat untuk melengkapi persetujuan yang mengikat antara pemegang polis dan perusahaan asuransi.

Ketentuan jaminan tambahan (jika ada)
Kondisi ini diperuntukkan jika nasabah mempunyai hak memperoleh pengembalian dana premi asuransi yang telah disetorkan atau kondisi jika setiap waktu nasabah tidak mampu bayar kewajibannya. Dengan singkat, ini dikasih supaya asuransi tidak hangus.

Copy surat kemauan asuransi jiwa
Salinan dari surat kemauan untuk memiliki asuransi jiwa yang diberikan calon pemegang polis. Supaya tidak ketidaktahuan tentukan type asuransi jiwa apa yang cocok untuk kamu.

Nah, buat kamu yang berencana membeli polis asuransi penyakit kritis, seharusnya kenali lebih dahulu isi polisnya.

Manfaat yang diterima
Jika tertanggung meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan, akan terdaftar periode aktif asuransinya itu.

Dipertambah dengan kesempatan pemegang polis alami ketakmampuan karena satu penyakit atau kecelakaan.

Manfaat penyakit kritis
Perusahaan asuransi akan melaunching type penyakit kritis yang terhitung dalam pertanggungan. Biasanya ada 10 penyakit kritis yang ditanggung biayanya oleh perusahaan asuransi.
Keuntungan asuransi kesehatan cashless akan memudahkan kamu saat sampaikan claim, perlu memberikan nomor asuransi dan bisa selekasnya terima servis medis tanpa proses administrasi makin lama.

Optimal uang pertanggungan
Dalam polis terdaftar berkenaan manfaat penyakit kritis yang telah dibayarkan atau sedang lalui masa bertahan hidup sejak teridentifikasi penyakit kritis seterusnya meninggal dunia atau ketakmampuan tetap keseluruhnya.

Pengecualian
Perusahaan asuransi tidak membayar manfaat asuransi dalam perawatan atau pengobatan jika terjadi hal, seperti AIDS, bunuh diri, perang, imbas alkohol atau tertanggung ikut serta pelanggaran hukum.

Usainya pertanggungan
Umumnya persyaratan dicatat detail dalam polis pada kondisi, seperti meninggal dunia, ketakmampuan tetap keseluruhnya, ketakmampuan sementara keseluruhnya, sampai penyakit kritis.

Contoh polis asuransi mobil

Ada juga type asuransi lainnya cukup populer, yaitu asuransi mobil. Jika kamu tertarik membeli produk asuransi mobil, ketahui dulu informasi dalam polis dari contoh polis asuransi mobil berikut ini.

Data pemilik
Sudah pasti, data pemegang polis harus menjadi informasi khusus yang berada di polis. Karena, data ini yang akan jadi sumber data untuk kerjakan verifikasi.

Umumnya, data pemilik yang memerlukan di polis meliputi nama, alamat lengkap, nomor kontak, buku rekening, dan sebagainya. Data terkait kendaraan yang dimiliki akan tertera dalam polis.

Type asuransi mobil yang ditetapkan
Pada asuransi mobil, ada dua type atau tipe asuransi yang bisa ditetapkan, antara asuransi mobil dalam atau all risk, dan asuransi TLO atau keseluruhnya loss only.

Tapi, ada juga perusahaan asuransi yang memperkenankan pemegang polis untuk memadankan kedua nya.

Pada polis, akan tertera informasi mengenai tipe perlindungan. Cakupan perlindungan untuk setiap tipe sudah pasti berbeda.

Premi asuransi
Premi asuransi adalah ongkos yang perlu dibayarkan secara periodik sepanjang saat polis. Besaran premi berlainan, tergantung tipe pelindungannya.

Cakupan pertanggungan dan pengecualian
Dalam polis, kamu juga bisa mendapat informasi mengenai cakupan pertanggungan yang dikasih. Saksikan dengan jeli, apa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menjadi pemegang polis itu.

Karena, manfaat yang didapat sudah disepakati sejak awalannya. Dalam polis akan tertera informasi mengenai penceualian.

Pengecualian yang disimpulkan adalah kondisi yang membuat kendaraanmu tidak dilihat patut untuk mendapat manfaat pertanggungan.

Cara claim dan cara penundaan
Jika kamu ingin kerjakan claim, kamu harus kenali apa dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Informasi mengenai ini bisa ditemukan pada polis.

Selain itu, polis akan tulis cara kerjakan penundaan bila kamu memang ingin setop dari asuransimu.

Akan ada dokumen persyaratan yang perlu kamu lengkapi baik ketika akan kerjakan claim atau sampaikan penundaan atau setop dari asuransi.

Cara tutup polis asuransi

Terkadang, setelah jadi nasabah asuransi sejauh beberapa tahun, dapat sehingga kamu berlainan pertimbangan dan ingin tutup atau setop dari asuransi.

Ada beberapa argument tutup polis asuransi, misalnya ada pengeluaran mendadak yang lebih darurat, tidak mampu kembali bayar premi, ingin ganti produk asuransi, dan sebagainya.

Nah, apa argument-nya, ada beberapa langkah yang bisa dikerjakan sebagai cara tutup polis asuransi. Berikut cara-cara itu.

Menghubungi pihak perusahaan asuransi, bisa melalui agen, call center, atau datang ke kantor servis asuransi
Isi formulir penutupan atau penundaan polis
Mengikutkan kartu identitas berwujud KTP dan KK (jika asuransi yang dimiliki sebagai asuransi keluarga)
Balikkan buku polis asli, jika polis musnah karenanya harus menyertakan surat bukti kehilangan buku polis
Mengikutkan dokumen persyaratan lainnya sesuai sama kemauan pihak perusahaan asuransi

Cara dalami polis asuransi

Berikut cara dalami polis agar kamu bisa mendapat yang terbaik.

Saksikan informasi penting
Polis berisi beberapa istilah tertentu, yaitu proses tukar rugi, informasi penting terkait risiko yang ditanggung atau tidak ditanggung, waktu durasi atau masa asurans.

Terhitung masa tunggu, masa tenggang, jumlah premi, mekanisme pembayaran premi, s/d skema pengurangan jika memang skema itu diterapkan.

Bahkan, kamu dapat kenali manfaat asuransi yang ditetapkan. Pada asuransi unit link, kamu bisa ketahui dana investasi yang bisa didapatkan.

Polis bukan hanya jadi bukti terdaftar kesepakatan dua samping faksi. Jauh dibandingkan itu, isi polis berperanan sebagai dasar tata implementasi sampai penyelesaian persoalan jika ternyata terjadi konflik.

Karena itu, saat kamu membeli sebuah asuransi, persiapkan waktu untuk membaca dengan jeli dan pelajari polis. Ada beberapa istilah dan standar yang ditetapkan dalam ketahui sebuah persoalan.

Misalnya saja, beberapa pemahaman penyakit kritis yang terjadi kemungkinan ketidaksesuaian saat dikerjakan pengujian. Dengan mengarah pada polis berikut pihak perusahaan tidak sedang berada di wilayah abu-abu.

Demikian hal pemegang polis yang punya kejelasan apa mendapatkan uang alternative rugi atau sebaliknya pada kondisi itu.

Pelajari polis sejak awalannya
Ketika akan sampaikan claim , tertanggung tak perlu menunggu apalagi takut tidak cair. Sejauh proses yang telah dilaksanakan sudah seperti yang dicatat di polis, hak kamu pasti kamu peroleh.

Ini sebagai satu diantaranya argument mengapa riset sebelum tentukan asuransi terbaik penting kamu lakukan.

Permasalahannya tidak seluruhnya perusahaan asuransi penanggung memberikannya secara dalam dan terperinci. Seharusnya hindari perusahaan yang memberikan polis demikian.

Sebagai satu diantaranya contoh, berikut dijelaskan apa pengeluaran rawat inap yang akan ditanggung:

biaya dokter
biaya sebelum perawatan dan setelah perawatan
biaya operasi
biaya rawat inap
biaya pengetesan kesehatan
lainnya

Informasi-informasi ini jelas penting. Karena lewat informasi itu kamu bisa ketahui apa yang sudah ter-cover dan belum ter-cover.

Dengan demikian, kamu bisa menyiapkan dana tambahan atau asuransi tambahan untuk meng-cover beberapa biaya yang belum tercantum.

Begitu juga berkenaan manfaat dari asuransi. Lihat apa manfaat yang dicatat sudah mencakup penyakit kritis, seperti serangan jantung, stroke, kanker, lumpuh, dan gagal ginjal.

Informasi penyakit ini akan tertera pada polis. Kamu perlu cari info apa ada perlindungan dalam masa rawat jalan jika sudah terkena penyakit itu.

Misalnya, saat kamu divonis gagal ginjal, apa asuransi sudah jamin atau menanggung biaya membersihkan darah di masa depan?

Berapakah biaya yang ditanggung perusahaan asuransi pada suatu periode. Ini yang perlu kamu cari dan kamu bandingkan.

Mencari informasi cocok dengan kepentinganmu atau tidak
Dengan dalaminya, kamu bisa tetapkan premi rendah tapi pengurangan yang rendah juga. Trick-nya adalah meminta dummy polis atau dalaminya dengan cara online.

Gunakan internet kamu untuk mencari semua informasi produk yang dipertunjukkan lewat cara online.

Janganlah sampai malu untuk meminta bantuan untuk agen asuransi. Seterusnya jangan terburu-buru membeli sebelum kamu benar-benar kenali manfaatnya.

Bahkan, kamu juga bisa merasakan kelebihan serta kekurangan produk asuransi dari beberapa rekomendasi nasabah.

Kamu juga bisa bergabung dengan beberapa komune, grup media sosial, atau membaca tulisan-tulisan blogger yang concern dengan artikel keuangan khususnya yang membahas berkenaan asuransi.

Pelajari beberapa jenis polis dan keuntungannya
Pada suatu type asuransi biasanya dibagi menjadi lagi beberapa macam. Misalnya, untuk asuransi jiwa dibagi menjadi lagi asuransi unit link, asuransi jiwa seumur hidup, dan asuransi jiwa berjangka.

Ketiga nya jelas memiliki ketentuan dan persyaratan lainnya. Misalkan, asuransi unit link yang memiliki premi lebih mahal.

Mengapa? Karena ada dana yang diinvestasikan. Pikir baik dan buruknnya apa kamu membutuhkannya atau tidak.

Jika kamu memang membutuhkan asuransi murni, kamu bisa tentukan asuransi jiwa seumur hidup atau asuransi jiwa berjangka. Karena personalitasnya lebih fleksibel karena dapat disetarakan dengan periode saat yang diharap.

Kenapa polis asuransi penting untuk dipelajari?

Terkadang polis asuransi kurang dilihat penting dan hanya sekedar jadi bukti keikutsertaan asuransi dan ditempatkan begitu saja.

Walaupun sebetulnya, banyak informasi penting dalam polis asuransi yang semestinya dibaca pemegang polis kesemuaannya.

Dengan ketahui peran polis asuransi, kita bisa mendapat banyak pengetahuan berkenaan produk asuransi yang kita beli dan semua manfaat yang kita peroleh.

Dalam polis asuransi, kamu akan merasakan banyak istilah asuransi yang seringkali kamu ketidaktahuan apa artinya.

Tidak boleh diacuhkan saja ya! Kamu bisa meminta info dengan agen terkait supaya kamu tahu apa yang jadi semua hak dan kewajibanmu.

Dalam bermacam kasus, polis asuransi kerap jadi dasar hukum untuk pihak tertanggung dan penanggung dalam lakukan hak dan kewajibannya.

Misalnya, polis asuransi juga bisa kamu gunakan untuk menuntut penanggung bila misalnya penanggung lupa dan tidak penuhi jaminan sebagai tanggungannya saat terjadi risiko.

Leave a Comment

Your email address will not be published.